kunjungan

Study Tour Ajang Kenalkan Perguruan Tinggi ke Siswa

Sejumlah sekolah ramai berdatangan ke Fakultas Ekonomi beberapa waktu terakhir ini. Sebagai fakultas termuda, FE UNY menarik banyak minat siswa karena program studi Manajemen S1 dan Akuntansi S1 yang memang menjadi primadona untuk menapak ke dunia kerja. Selain itu, prodi lain juga tak kalah diminati. Beberapa sekolah mengunjungi prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran dan menjajal kegiatan praktikum di lab yang dimiliki.

Kunjungan dari Sesama Kota Wisata

Sebanyak 10 orang tenaga kependidikan dari Universitas Pendidikan Ganesha Denpasar Bali melakukan studi banding ke Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Rabu (12/12) lalu. Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Dekan 2 Undhiksa, I Putu Gede Parma. Rombongan tersebut disambut oleh Dekan, Wakil Dekan III, Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) FE UNY, serta beberapa staf di FE UNY. Kunjungan ini dimaksudkan untuk berbagi informasi seputar pengelolaan administrasi dan kegiatan kemahasiswaan di kedua belah pihak.

Tax Lover Community Tumbuhkan Kesadaran Pajak

Kesadaran membayar pajak di Indonesia masih cukup rendah. Pemerintah selalu berusaha agar penerimaan dari pajak terus mengalami peningkatan. Berbagai kebijakan diluncurkan oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Meskipun data menunjukkan jumlah penerimaan terus meningkat, tingkat kepatuhan pajak secara keseluruhan dinilai masih rendah. Hanya sejumlah 63% dari total wajib pajak, dari yang ditargetkan sebesar 72%. Demikian disampaikan Ponty S.P. Hutama dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UNY di depan para rombongan Tax Lover Community (TLC) FE Universitas Negeri Malang (UM), Senin (12/11) kemarin.

FE UM Bahas Penjaminan Mutu bersama FE UNY

Sebanyak 10 orang dari tim Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM) beserta perwakilan dekanatnya mengunjungi FE UNY, Jumat (9/11) lalu. Rombongan dipimpin oleh Wakil Dekan I FE UM, Agus Hermawan. Selain sebagai sarana silaturahmi kedua pihak, kunjungan dimaksudkan untuk mengetahui pengelolaan penjaminan mutu di FE UNY. Dekan FE UNY Sugiharsono, Ketua Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) FE UNY Bambang Suprayitno, dan jajaran tim SPMI FE UNY menerima rombongan.

FE UNY Hibahkan Media Pembelajaran

Pendidikan Administrasi Perkantoran (P. ADP) FE UNY menyerahkan sejumlah media pembelajaran karya mahasiswa ke 6 sekolah di DIY. Enam sekolah itu adalah SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, SMK PGRI 1 Sentolo, SMK Muhammadiyah 2 Wates, SMK Muhammadiyah 1 Prambanan, SMK N 1 Bantul, dan SMK 2 Muhammadiyah Bantul. Koordinator Laboratorium P. ADP FE UNY, Siti Umi Khayatun M., M.Pd., menyatakan bahwa media pembelajaran ini merupakan karya mahasiswa yang menjadi penugasan di salah satu mata kuliah. Media diserahkan secara langsung ke masing-masing sekolah didampingi para mahasiswa.

SMA N 1 Godean Berkunjung ke FE UNY

Sebanyak 72 siswa dan guru pendamping SMA N 1 Godean Sleman mengadakan kunjungan studi ke Fakultas Ekonomi (FE) UNY Rabu (17/10) lalu. Rombongan dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Tri Ismiyati, M.Pd. Kunjungan ini bertujuan mengajak siswa mengenal lebih jauh seputar perguruan tinggi di Yogyakarta, sehingga timbul motivasi untuk melanjutkan studi. Delegasi sekolah disambut oleh Wakil Dekan I dan II FE UNY serta staf di lingkungan fakultas.

Kunjungan P ADP FE UNJ ke P ADP FE UNY

Sebanyak 80 mahasiswa beserta dosen pendamping dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Jakarta berkunjung ke Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY, Rabu (10/10) lalu. Dipimpin oleh Ketua rombongan Darma Rika Swaramarinda, M.S.E., kunjungan dimaksudkan untuk mengetahui lebih jauh bagaimana perkuliahan di jurusan Pend. Adm. Perkantoran berlangsung dan seputar kurikulumnya. Turut menyambut beberapa dosen di jurusan Pend. Adm. Perkantoran FE UNY dan laboran.

FKIP UnSri Kuliah Umum di FE UNY

Kurikulum pendidikan adalah salah satu hal yang paling rentan mengalami perubahan. Tidak hanya terpengaruh kebijakan pemerintah, perkembangan teknologi dunia juga kerap memaksa para pemikir pendidikan menyesuaikan kurikulum. Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi (FE) FE UNY Dr Sugiharsono di depan para mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya (FKIP UnSri), Palembang, Sumsel dalam Kuliah Umum di FE UNY, Selasa (18/9).

Kunjungan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan ke FE UNY

Sebanyak 25 siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten berkunjung ke Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Rabu (26/9) lalu. Rombongan dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Hubungan Masyarakat (Waka Humas) Ritaningsih, SPd dan beberapa guru pendamping. Dekan FE UNY Dr Sugiharsono didampingi beberapa dosen di Jurusan Pend. Adm. Perkantoran menyambut di Ruang Sidang Dekanat FE UNY. Kunjungan ini merupakan program tahunan sekolah untuk memberikan motivasi dan informasi kepada para siswa.

SMA N 1 Sleman Kuatkan Kewirausahaan

Berdasarkan data BPS tahun 2016 lalu, jumlah wirausahawan di Indonesia kini berkisar 3%, naik jika dibandingkan 2013 yang berjumlah 1,6%. Namun proporsi ini masih jauh lebih sedikit dibandingkan negara maju, bahkan negara tetangga seperti Malaysia (6%), Singapura (7%), atau Thailand (5%). Jumlah wirausahawan di Indonesia perlu terus ditingkatkan, salah satunya melalui pengenalan pendidikan kewirausahaan sejak dini. Demikian dijelaskan Dr Endang Mulyani, pakar kewirausahawan UNY dalam kunjungan SMA N 1 Sleman, Kamis (30/8) lalu.

Pages