pendidikan administrasi

Kembangan Model Perencanaan SPMI bagi SMK, Umi Raih Gelar Doktor

Dosen Departemen Pendidikan Administrasi FEB UNY, Siti Umi Khayatun Mardiyah berhasil mempertahankan disertasinya dalam program doktoral prodi Manajemen Pendidikan di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) UNY, Senin (5/6) lalu. Dalam sidang ujian terbuka yang dipimpin Ketua Penguji Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd., turut menjadi dewan penguji yaitu Prof. Dr. Lia Yuliana, M.Pd. (Sekretaris Penguji), Prof. Dr. Muhyadi (Promotor 1), Prof. Suyanto, M.Ed., Ph.D. (Promotor 2), Prof. Dr. Lantip Diat Prasojo, M.Pd. (Penguji 2), dan Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd. (Penguji 1 dari Universitas Negeri Malang).

Umi mempertahankan disertasinya yang berjudul "Model Perencanaan Strategis Sistem Penjaminan Mutu Internal Berbasis Manajemen Risiko pada Sekolah Menengah Kejurusan di Daerah Istimewa Yogyakarta". Disertasi ini bertujuan untuk melahirkan model perencanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) berbasis manajemen risiko bagi sekolah menengah kejuruan (SMK) . Penelitian ini berupaya menemukan kelemahan dan hambatan dalam model SPMI yang selama ini telah dijalankan, menghasilkan model konseptual yang baru, dan mengujicobakan model konseptual untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisannya.

Dalam penelitiannya, Umi menyatakan bahwa model SPMI yang selama ini telah diterapkan sebenarnya sudah sesuai tuntutan Dinas Pendidikan. Namun model tersebut belum mempertimbangkan kebutuhan penjaminan mutu secara menyeluruh. Oleh karena itu, model perencanaan strategis SPMI berbasis manajemen risiko menjadi panduan sekolah dalam menyusun Rencana Strategis dengan mempertimbangkan aspek risiko. Hasil uji validitas model perencanaan strategis SPMI berbasis manajemen risiko pada SMK adalah sangat valid dengan rata-rata 4.6. Sedangkan hasil uji kepraktisan model ini adalah sangat praktis dengan rata-rata 4,57. Dengan demikian model perencanaan strategis SPMI berbasis risiko ini dinyatakan layak digunakan oleh SMK sebagai panduan untuk menyusun perencanaan strategis SPMI di sekolah. (fdhli)

Kado Awal Tahun bagi Jurnal Ilmiah FE UNY

Kabar gembira diterima Fakultas Ekonomi (FE) UNY di awal tahun setelah beberapa jurnal ilmiahnya berhasil memperbaiki peringkat akreditasi. Jurnal ilmiah di lingkungan fakultas, yaitu Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Jurnal Ilmu Manajemen, dan Jurnal Efisiensi berhasil memperoleh perbaikan peringkat sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional RI No 200/M/KPT/2020 pada penghujung tahun lalu.

Surat keputusan ini merupakan hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 lalu. Pemeringkatan jurnal ilmiah di Indonesia yang menggunakan pengindeks SINTA memiliki beberapa tingkat, paling rendah yaitu 6, sedangkan tingkatan tertinggi yaitu 1.

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan yang dikelola Jurusan Pendidikan Ekonomi meraih peringkat 4 mulai volume 15 Nomor 2 Tahun 2018. Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi milik Jurusan Pendidikan Administrasi berhasil memperbaiki peringkat melalui reakreditasi dari peringkat 4 ke peringkat 3 mulai Volume 17 Nomor 1 Tahun 2020. Sedangkan Jurusan Manajemen yang mengelola Jurnal Ilmu Manajemen berhasil meraih peringkat 5 mulai Volume 5 Nomor 2 Tahun 2018.

Dengan peringkat yang lebih baik, hal ini tentu memperbaiki reputasi akademik baik untuk fakultas maupun dosen. Kualitas jurnal yang tinggi menunjukkan pengelolaan jurnal ilmiah yang baik di suatu perguruan tinggi, dalam hal ini fakultas, dan hal ini juga tentu menunjukkan kualitas yang baik dari dosen di fakultas tersebut dalam penulisan ilmiah. (fd)

Pages