Kado Awal Tahun bagi Jurnal Ilmiah FE UNY

Kabar gembira diterima Fakultas Ekonomi (FE) UNY di awal tahun setelah beberapa jurnal ilmiahnya berhasil memperbaiki peringkat akreditasi. Jurnal ilmiah di lingkungan fakultas, yaitu Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Jurnal Ilmu Manajemen, dan Jurnal Efisiensi berhasil memperoleh perbaikan peringkat sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional RI No 200/M/KPT/2020 pada penghujung tahun lalu.

Surat keputusan ini merupakan hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020 lalu. Pemeringkatan jurnal ilmiah di Indonesia yang menggunakan pengindeks SINTA memiliki beberapa tingkat, paling rendah yaitu 6, sedangkan tingkatan tertinggi yaitu 1.

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan yang dikelola Jurusan Pendidikan Ekonomi meraih peringkat 4 mulai volume 15 Nomor 2 Tahun 2018. Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi milik Jurusan Pendidikan Administrasi berhasil memperbaiki peringkat melalui reakreditasi dari peringkat 4 ke peringkat 3 mulai Volume 17 Nomor 1 Tahun 2020. Sedangkan Jurusan Manajemen yang mengelola Jurnal Ilmu Manajemen berhasil meraih peringkat 5 mulai Volume 5 Nomor 2 Tahun 2018.

Dengan peringkat yang lebih baik, hal ini tentu memperbaiki reputasi akademik baik untuk fakultas maupun dosen. Kualitas jurnal yang tinggi menunjukkan pengelolaan jurnal ilmiah yang baik di suatu perguruan tinggi, dalam hal ini fakultas, dan hal ini juga tentu menunjukkan kualitas yang baik dari dosen di fakultas tersebut dalam penulisan ilmiah. (fd)