PRESTASI

Annisa dkk Juara 3 LKTI UNIMED FEST 2021

Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali menorehkan prestasi. Tim UNY yang beranggotakan Annisa Nurfatimah Febrianti (mahasiswi program studi Pend. Akuntansi angkatan 2019), Rizki Oktavianto (Pendidikan Akuntansi 2018), dan Balqis Syathiri (Pendidikan Akuntansi 2019) berhasil meraih Juara 3 LKTI UNIMED FEST 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Medan pada Senin, 22 Februari 2021.

Dalam lomba karya tulis ilmiah ini, Annisa, 'iik, dan Balqis, yang berada di bawah bimbingan Dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi, Eka Ary Wibawa, S.Pd., M.Pd ini membawakan gagasan inovatif "EV-App Inovasi Program Volunteer UMKM Berbasis Penta-Hellix sebagai Pemulihan Ekonomi Nasional di Era New Normal."

FE UNY Juarai ALCOFE 14

Pandemi yang masih berjalan tak menghalangi mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY berkreasi. Sabtu (14/11) lalu, tim FE UNY yang beranggotakan Balqis Syathiri (Pendidikan Akuntansi 2019), Rizki Oktavianto (Pendidikan Akuntansi 2018), dan Prawesti Eka (Akuntansi 2018) berhasil meraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional (LKTIN) ALCOFE 14 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS.

Balqis, Iik, dan Prawesti melalui karya tulis mereka yang berjudul "STC (Selarong Traditional Cullinary): Pengembangan Wisata Kuliner Tempo Dulu di Kawasan Goa Selarong Bantul dengan Metode Penta-Hellix Berbasis Augmented Reality" berhasil mengalahkan 9 finalis lainnya.

Tim yang dibimbing oleh Merinda Noorma Novida Siregar, M.Pd, dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi ini berhasil menciptakan inovasi teknologi sebagai upaya menumbuhkan perekonomian melalui sektor pariwisata di era pasca pandemi Covid-19. Adapun, dalam lomba ini Juara 2 diraih oleh Universitas Indonesia dan Juara 3 diraih oleh Universitas Padjajaran.

FE UNY Juara 3 Debat Ekonomi Nasional di Makassar

Tim Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang diwakili Pramudya Anggar Kusuma - mahasiswa Program Studi (prodi) D3 Akuntansi 2017, Aulawi Nulad Utami (Pend. Ekonomi 2018), dan Sailendra Pangesti (Akuntansi 2019) berhasil memperoleh Juara 3 dalam kompetisi Lomba Debat Ekonomi Nasional IMAPESI (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia) 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Makassar, Minggu (17/11) lalu.

Dalam acara bertema "The Role of Education and Economics in the Industrial Revolution 4.0 Era to Achieve the SDG's 2030" ini, sebanyak delapan finalis bersaing dalam babak grand final. Di babak final, Anggar dkk berdebat dalam lingkup topik "Rektor Asing Pimpin Perguruan Tinggi Dalam Negeri".

Meski hanya meraih juara ketiga, Anggar merasa bersyukur. "Alhamdulillah merasa bangga. Sudah mencoba beberapa kali untuk mengikuti kompetisi debat, sampai akhirnya di semester 5 ini bisa mencapainya. Walaupun masih harus banyak belajar, tapi tetap saya sangat merasa bersyukur karena sudah berusaha semaksimal mungkin," kesan anggota UKMF Kristal FE UNY ini.

Lilis dkk. Raih Silver Medal di Malaysia

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta meraih prestasi dalam kompetisi "The 2019 Inventor's Hall of Fame, International Competition of Ideas, Inventions & Innovations" (i-Fame 2019) di Universiti Teknologi Mara, Malaysia, beberapa waktu lalu. Tim yang terdiri dari Rusita, mahasiswa prodi Kimia FMIPA (2017), Lilis Aryanti dari prodi Administrasi Perkantoran FE (2017), Intania Putri Yasmin Fajri dari prodi Kimia FMIPA (2017), Nuzulia Ra'hatul Jannah dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS (2017), dan Watik Novianingsih dari prodi Pendidikan IPS FIS (2017) ini mendapatkan Silver Medal dalam bidang Scientific Technology Innovation Category Institution of Higher Learning.

Acara tersebut diikuti oleh sejumlah tim dari delapan negara yaitu Inggris, Thailand, India, Tiongkok, Hungaria, Indonesia, Malaysia, dan Turki. Karya Tulis Ilmiah dari tim UNY tersebut mengangkat judul "CLC KORBULA (Batako Ringan Bulu Ayam): Pemanfaatan Ilmiah Limbah Bulu Ayam Sebagai Agregat Halus Batako Ringan yang Lebih Ekonomis dan Mengurangi Limbah Bulu Ayam untuk Sustainable Community".

FE UNY Borong Prestasi Ajang Office Day 2019

Beberapa mahasiswa jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY berhasil meraih prestasi tingkat nasional dalam rangkaian acara seminar dan Office Day Competition dengan tema "Explore Your Skill to Get Ready Dealing with Digital Era" yang dilaksanakan pada hari Sabtu - Minggu 5-6 Oktober 2019 di UNY. Kompetisi tersebut diikuti beberapa perguruan tinggi di Pulau Jawa di antaranya Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), UNY, Universitas Airlangga (UNAIR), dan UI.

Mahasiswa peraih prestasi dari jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY antara lain

1. Hanifah Abdillah, mahasiswa program studi (prodi) S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran (PAdp) 2017 Juara 2 Public Speaking Indonesia dan Grooming

2. Nisa Rahmawati (prodi D3 Adp 2017) Juara Top Faster in English Correspondence

3. Fadia Haya Yusi Gitom (D3 Adp 2018) Juara Best Presentation Style in English Presentation Technique

4. Shinta Aprilia Megantari (S1 Padp 2018) Juara Best Attitude in 10 Fast Fingers Competition

Selamat dan sukses! (chs)

Andy Bawa UNY Juara 2 PIA 2019

Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY berhasil memperoleh Juara 2 dalam Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) Nasional 2019 di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Minggu (6/10) lalu. FE UNY yang diwakili tiga mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi, yakni Andy Dwiki Iranda, Ririn Susanti, dan Nurul Rusmavita menjadi Runner Up setelah bersaing bersama 19 tim lainnya pada babak semifinal ajang yang diadakan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unsoed ini.

PIA 2019 merupakan ajang olimpiade akuntansi mahasiswa tingkat nasional yang mengasah kemampuan dan keterampilan dalam mengerjakan soal akuntansi. Andy menyampaikan, oilmpiade ini terdiri dari beberapa babak, dan di tiap babak masing-masing tim dituntut mampu bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan berbagai masalah-masalah berkaitan dengan ilmu akuntansi.

Fauzi dan Dery Angkat Nilai Limbah Tulang Tuna

Akhmad Fauzi Sugiharto, mahasiswa dari prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY 2017 bersama Muhammad Dery Prakoso dari prodi Kimia FMIPA UNY (2016) berhasil memenangkan dua kategori dalam kompetisi nasional Business Plan Management Economic Event 2019 "The Next Young Entrepreneur" yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Minggu (29/9).

Fauzi dan Dery meraih Juara 3 dan sekaligus sebagai Juara Favorit dalam ajang tersebut. Mereka mengangkat produk Tulang Tuna Crackers, produk olahan dari pemanfaatan limbah tulang ikan tuna guna meningkatkan pemberdayaan limbah serta meningkatkan UMKM di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kompetisi Business Plan Management Economic Event 2019 ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan para mahasiswa khususnya sense of business, serta menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Universitas Pendidikan Ganesha menyediakan ruang untuk memperluas jejaring antarpelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula. (fadhli/hadi)

Teguh Raih Gelar Kesembilan Ajang Public Speaking

Lagi, mahasiswa UNY Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi (FE) atas nama Teguh Wicaksono kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Teguh menjadi Juara 3 National English Speech Contest for Varsity dalam rangkaian acara Festival Bahasa dan Budaya yang digelar oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sabtu (21/9). Prestasi ini merupakan yang ke-9 bagi Teguh Wicaksono di bidang kompetisi Public Speaking. Beberapa minggu lalu, Teguh juga meraih prestasi di bidang kebudayaan dengan menjadi Dimas Persahabatan Kota Jogja 2019.

Pada ajang tersebut mahasiswa Jurusan Pendidikan Administrasi ini berhasil memperoleh Juara 3 National English Speech Contest for Varsity. Dalam Speech Contest tersebut, perlombaan dibagi menjadi dua babak yaitu babak penyisihan dengan teknik Prepared Speech dan babak final dengan teknik Impromptu Speech yang diikuti oleh 34 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah terimakasih saya ucapkan kepada Allah yang telah memberikan saya kesempatan yang ke-13 kalinya untuk mengikuti Speech Contest dan ini adalah gelar kesembilan saya dalam mengikuti Speech Contest. Menurut saya di masa depan skill yang paling dibutuhkan masyarakat, selain kemampuan di bidang teknologi dan sains, adalah kemampuan public speaking," tuturnya. (ch/teguh)

Alumni FE UNY Juara 1 Nasional Instruktur Kursus

Sariyatul Ilyana, alumni program studi S1 Pendidikan Akuntansi 2012 Fakultas Ekonomi (FE) UNY mendapatkan predikat Juara 1 Nasional Instruktur Kursus Teknisi Akuntansi dalam Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional ke-13. Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kota Pangkal Pinang, 23-28 Juni 2019 lalu.

Ada 445 peserta lomba dari 22 kategori apresiasi yang diberikan. Apresiasi yang diberikan terdiri dari 11 kategori lomba pendidik perseorangan, enam kategori lomba pengelola pendidikan perseorangan, empat kategori lomba pendidik dan tenaga pendidikan daerah khusus, dan satu kategori lomba kelompok, salah satunya adalah lomba instruktur kursus teknisi akuntansi. (fadhli)

Odil Bawa UNY Raih Perunggu di BVIIEC 2019

Odilia Herlita Puspa Dewi, mahasiswa Prodi Pend. Adm. Perkantoran 2016 dan Friscilia Permata Yudika Sinaga (D3 Teknik Elektronika 2017) meraih 3rd Winner (bronze medal) dalam ajang International Bujang Valley Innovation, Invention, and Design Competition (BVIIEC), pada kategori ilmu pengetahuan dan teknologi (science and technology) di Universiti Teknologi MARA, Malaysia, 13 Juni lalu. BVIIEC 2019 merupakan ajang yang mengundang tim dari berbagai perguruan tinggi, organisasi, lembaga pemerintah, hingga pihak swasta untuk saling berbagi hasil penemuan dan inovasi. Kompetisi tersebut berhasil menghadirkan 200 lebih peserta dari berbagai negara di Asia di antaranya Malaysia, Indonesia, Cina, India, dan Thailand.

Odel dan Sisil, begitu mereka biasa disapa, membuat alat pendeteksi kelembaban tanah berbasis Internet of Things (IoT) dalam bidang pertanian. Alat tersebut digunakan untuk mengontrol kelembaban suhu dengan menggunakan smartphone android, dirancang dengan sistem IoT yg memungkinkan pengguna untuk melakukan kontrol secara real time di mana pun dan kapan pun.

Kompetisi ini terdiri dari 4 kategori sesuai asal peserta dengan level nasional dan internasional. Kategori yang di kompetisikan yaitu kategori 1 (Science and Technology untuk Professional Inventor/innovator dan Young Inventor/Innovator), Kategori 2 (Social Science untuk Profesional Inventor/innovator dan Young Inventor/innovator), Kategori 3 (MOOC terbuka untuk umum), Kategori 4 (Special untuk Product/Research, Design for disable people dan government agencies). Peserta di kompetisi ini sangat beragam mulai dari peneliti, dosen, pejabat pemerintahan, mahasiswa, hingga siswa sekolah dasar. (fadhli)

Pages