PRESTASI

Inovasi Alat Pengering Hasil Perikanan Karya Mahasiswa UNY

Indonesia merupakan negara maritim dengan luas perairan sekitar 5,8 juta km persegi sehingga memiliki potensi perikanan yang banyak, baik laut maupun tawar. Hasil panen ikan Indonesia dipasarkan ke seluruh dunia untuk dikonsumsi penduduk. Pascapanen, banyaknya jumlah ikan yang ditangkap nelayan ternyata masih terdapat kendala. Ikan merupakan suatu bahan pangan yang cepat mengalami proses pembusukan (perishable food). Hal ini disebabkan karena beberapa hal seperti kandungan protein yang tinggi dan kondisi lingkungan yang sangat sesuai untuk pertumbuhan mikroba pembusuk. Untuk meminimalisasi tangkapan ikan yang membusuk, mahasiswa UNY menciptakan alat pengawet ikan yang terhubung dengan internet.

HANDBODY LOTION DARI KULIT KAKAO

Indonesia terletak di daerah tropis, di mana banyak menghasilkan tanaman hasil pertanian, salah satunya tanaman kakao. Kakao menghasilkan limbah organik berupa kulit tetapi kurang memiliki nilai ekonomis dan cepat mengalami pembusukan yang menimbulkan masalah lingkungan. Dalam masyarakat kulit kakao belum dimanfaatkan secara optimal, biasanya hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk kompos saja, oleh karena itu, perlu adanya inovasi baru dalam mengolah kulit kakao. Oleh karena itu sekelompok mahasiswa UNY mengubah kulit kakao menjadi handbody lotion yang lebih efisien dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

ATASI BAU KAKI DENGAN LOTION DARI KULIT SALAK

Bau kaki merupakan masalah yang sangat mengganggu penampilan. Hal ini menyebabkan penampilan menjadi kurang percaya diri khususnya saat menggunakan sepatu, terutama sepatu tertutup. Keadaan kaki yang tertutup serta didukung suhu yang tinggi atau panas dapat menjadi salah satu faktor timbulnya masalah pada kaki, salah satunya adalah bau tidak sedap atau bau kaki. Untuk mengatasinya di pasaran banyak tersedia penghilang bau kaki bentuk spray, bedak, dan lain-lain. Namun produk tersebut memiliki kelemahan pada aspek harga yang tergolong mahal dan penggunaan yang tidak efisien. Sekelompok mahasiswa UNY mencetuskan ide untuk membuat deodoran untuk mengatasi bau kaki sekaligus kulit kering menggunakan bahan alami yaitu kulit buah salak. Mereka adalah Aditia Pramudia Sunandar dan Rahmanisa Laila Fitri prodi pendidikan biologi, Asmi Aris prodi pendidikan kimia, Muhammad Abdurrahman Mukhlis prodi akuntansi serta Putri Matsya Sabilla prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

FE UNY Juara Harapan 1 Accounting Olympiad di STIE YKPN

Tim Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang beranggotakan Andy Dwiki Iranda, Nurul Rusmavita, dan Ririn Susanti - ketiganya mahasiswa Prodi S1 Pend. Akuntansi angkatan 2017 meraih Juara Harapan I pada ajang Accounting Olympiad 2019 di STIE YKPN, 12 Mei lalu. Dalam acara bertema “Raise Your Ability to be A Professional Accountant” ini, UNY harus bersaing dengan 7 tim peserta lainnya di babak final.

Tags: 

Tim UNY Juara 2 Kategori Jasa National Business Plan di UNY

Delegasi UNY yang diketuai oleh I Gede Agung Dicky Kusuma Parta (Manajemen 2016) dengan anggota Mohammad Fadly Haj (Manajemen 2016) dan Ketut Agus Sarjana Putra (Pend. Teknik Informatika 2016) berhasil mendapatkan juara 2 kategori jasa dalam acara National Business Plan Competition #2 yang diadakan oleh UKM Kewirausahaan UNY di Universitas Negeri Yogyakarta pada 3-5 Mei 2019.

Tags: 

Pendidikan Akuntansi FE UNY Juara III LCCA Nasional 2019 di Bangka Belitung

Kolaborasi tiga mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY di ajang Lomba Cerdas Cermat Akuntansi Nasional 2019 berhasil memperoleh juara III. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Achmad Solekhan (Pend. Akuntansi 2016), Setyo Wati (Pend. Akuntansi 2016), Febriyanti Ratnasari (Pend. Akuntansi 2016). Lomba Cerdas Cermat Akuntansi Nasional 2019 yang dilaksanakan pada 29 April - 2 Mei 2019 oleh HIMAKSI FE UBB dan bertempat di Universitas Bangka Belitung. LCCA N 2019 mengangkat tema "Be Intelectual, Professional and Integrity to Create The Millenial Generation of Accountant".

FE UNY Juara I Perencanaan Bisnis Nasional

Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meraih juara satu dalam ajang National Business Plan Competition 2019 di Universitas Bangka Belitung. Andy Dwiki Iranda (Pendidikan Akuntansi 2017) selaku ketua tim membuat inovasi aplikasi jasa tour guide berbasis human and virtual system untuk daerah Gunungkidul. Anggota dalam tim ini antara lain Khusnul Khotimah (Pendidikan Ekonomi 2016), dan Hadzim Fachrozi (Manajemen 2018).

 

Tags: 

Zulfa, Peraih UN Tertinggi SMK se-DIY 2015 Lulus S1 Cumlaude

Zulfa Ainun Naim menjadi satu di antara 47 mahasiswa yang diyudisium pada akhir April lalu. Lulusan SMK N 1 Pengasih ini dinyatakan menjadi lulusan terbaik pada Yudisium Periode April 2019 ini dengan raihan 3.83. Yudisium diadakan setiap bulan dan menjadi penanda seorang mahasiswa lulus secara akademik dan berhak mengikuti upacara wisuda yang ditentukan waktunya kemudian.​​​​​​​ Zulfa lulus dari Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY dalam kurun kurang dari 4 tahun. Putri tunggal pasangan Parsimin dan Muntamah ini merupakan penerima Bidikmisi yang diterima melalui Seleksi Mandiri jalur Prestasi. Berkat prestasinya saat mengikuti lomba cerdas cermat di tingkat Kabupaten dan Jateng-DIY, Zulfa bisa menikmati pendidikan di bangku kuliah.

UNY Juara 1 Kompetisi Esai Akuntansi Nasional di Malang

Andy Dwiki Iranda, mahasiswa prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UNY angkatan 2017, dan Robi Siti Anisa (Manajemen 2017) berhasil mengharumkan nama UNY dengan menduduki Juara I National Accounting Essay Competition yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE UM), di Malang, 26-28 April lalu.

Tags: 

AKSION Bawa FE UNY Juara Harapan I LKTIN di Surabaya

Dalam ajang yang diselenggarakan guna memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia dan Hari Anti Narkotika Internasional, tim dari Fakultas Ekonomi (FE) UNY melalui Ogi Prayoga (mahasiswa program studi Manajemen 2017) dan Risma Wulansari (Pendidikan Akuntansi 2018) berhasil menjadi Juara Harapan I pada Lomba Esai Tingkat Nasional (LKTIN) yang diadakan Unit Kegiatan (UK) Mapanza Universitas Airlangga di Surabaya, Sabtu (27/4) lalu.

Tags: 

Pages