PRESTASI

FE UNY Juara 3 Debat Ekonomi Nasional di Makassar

Tim Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang diwakili Pramudya Anggar Kusuma - mahasiswa Program Studi (prodi) D3 Akuntansi 2017, Aulawi Nulad Utami (Pend. Ekonomi 2018), dan Sailendra Pangesti (Akuntansi 2019) berhasil memperoleh Juara 3 dalam kompetisi Lomba Debat Ekonomi Nasional IMAPESI (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia) 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Makassar, Minggu (17/11) lalu.

Lilis dkk. Raih Silver Medal di Malaysia

Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta meraih prestasi dalam kompetisi "The 2019 Inventor's Hall of Fame, International Competition of Ideas, Inventions & Innovations" (i-Fame 2019) di Universiti Teknologi Mara, Malaysia, beberapa waktu lalu. Tim yang terdiri dari Rusita, mahasiswa prodi Kimia FMIPA (2017), Lilis Aryanti dari prodi Administrasi Perkantoran FE (2017), Intania Putri Yasmin Fajri dari prodi Kimia FMIPA (2017), Nuzulia Ra'hatul Jannah dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS (2017), dan Watik Novianingsih dari prodi Pendidikan IPS FIS (2017) ini mendapatkan Silver Medal dalam bidang Scientific Technology Innovation Category Institution of Higher Learning.

FE UNY Borong Prestasi Ajang Office Day 2019

Beberapa mahasiswa jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY berhasil meraih prestasi tingkat nasional dalam rangkaian acara seminar dan Office Day Competition dengan tema "Explore Your Skill to Get Ready Dealing with Digital Era" yang dilaksanakan pada hari Sabtu - Minggu 5-6 Oktober 2019 di UNY. Kompetisi tersebut diikuti beberapa perguruan tinggi di Pulau Jawa di antaranya Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Islam Riau (UIR), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), UNY, Universitas Airlangga (UNAIR), dan UI.

Andy Bawa UNY Juara 2 PIA 2019

Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UNY berhasil memperoleh Juara 2 dalam Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) Nasional 2019 di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Minggu (6/10) lalu. FE UNY yang diwakili tiga mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi, yakni Andy Dwiki Iranda, Ririn Susanti, dan Nurul Rusmavita menjadi Runner Up setelah bersaing bersama 19 tim lainnya pada babak semifinal ajang yang diadakan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unsoed ini.

Fauzi dan Dery Angkat Nilai Limbah Tulang Tuna

Akhmad Fauzi Sugiharto, mahasiswa dari prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY 2017 bersama Muhammad Dery Prakoso dari prodi Kimia FMIPA UNY (2016) berhasil memenangkan dua kategori dalam kompetisi nasional Business Plan Management Economic Event 2019 "The Next Young Entrepreneur" yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Minggu (29/9).

Teguh Raih Gelar Kesembilan Ajang Public Speaking

Lagi, mahasiswa UNY Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi (FE) atas nama Teguh Wicaksono kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Teguh menjadi Juara 3 National English Speech Contest for Varsity dalam rangkaian acara Festival Bahasa dan Budaya yang digelar oleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sabtu (21/9). Prestasi ini merupakan yang ke-9 bagi Teguh Wicaksono di bidang kompetisi Public Speaking. Beberapa minggu lalu, Teguh juga meraih prestasi di bidang kebudayaan dengan menjadi Dimas Persahabatan Kota Jogja 2019.

Alumni FE UNY Juara 1 Nasional Instruktur Kursus

Sariyatul Ilyana, alumni program studi S1 Pendidikan Akuntansi 2012 Fakultas Ekonomi (FE) UNY mendapatkan predikat Juara 1 Nasional Instruktur Kursus Teknisi Akuntansi dalam Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional ke-13. Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kota Pangkal Pinang, 23-28 Juni 2019 lalu.

Odil Bawa UNY Raih Perunggu di BVIIEC 2019

Odilia Herlita Puspa Dewi, mahasiswa Prodi Pend. Adm. Perkantoran 2016 dan Friscilia Permata Yudika Sinaga (D3 Teknik Elektronika 2017) meraih 3rd Winner (bronze medal) dalam ajang International Bujang Valley Innovation, Invention, and Design Competition (BVIIEC), pada kategori ilmu pengetahuan dan teknologi (science and technology) di Universiti Teknologi MARA, Malaysia, 13 Juni lalu. BVIIEC 2019 merupakan ajang yang mengundang tim dari berbagai perguruan tinggi, organisasi, lembaga pemerintah, hingga pihak swasta untuk saling berbagi hasil penemuan dan inovasi. Kompetisi tersebut berhasil menghadirkan 200 lebih peserta dari berbagai negara di Asia di antaranya Malaysia, Indonesia, Cina, India, dan Thailand.

Inovasi Alat Pengering Hasil Perikanan Karya Mahasiswa UNY

Indonesia merupakan negara maritim dengan luas perairan sekitar 5,8 juta km persegi sehingga memiliki potensi perikanan yang banyak, baik laut maupun tawar. Hasil panen ikan Indonesia dipasarkan ke seluruh dunia untuk dikonsumsi penduduk. Pascapanen, banyaknya jumlah ikan yang ditangkap nelayan ternyata masih terdapat kendala. Ikan merupakan suatu bahan pangan yang cepat mengalami proses pembusukan (perishable food). Hal ini disebabkan karena beberapa hal seperti kandungan protein yang tinggi dan kondisi lingkungan yang sangat sesuai untuk pertumbuhan mikroba pembusuk. Untuk meminimalisasi tangkapan ikan yang membusuk, mahasiswa UNY menciptakan alat pengawet ikan yang terhubung dengan internet.

HANDBODY LOTION DARI KULIT KAKAO

Indonesia terletak di daerah tropis, di mana banyak menghasilkan tanaman hasil pertanian, salah satunya tanaman kakao. Kakao menghasilkan limbah organik berupa kulit tetapi kurang memiliki nilai ekonomis dan cepat mengalami pembusukan yang menimbulkan masalah lingkungan. Dalam masyarakat kulit kakao belum dimanfaatkan secara optimal, biasanya hanya dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan pupuk kompos saja, oleh karena itu, perlu adanya inovasi baru dalam mengolah kulit kakao. Oleh karena itu sekelompok mahasiswa UNY mengubah kulit kakao menjadi handbody lotion yang lebih efisien dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Pages