Tari Biyung Emban Penghargaan Terhadap Sosok Ibu

Komunitas tari Fakultas Ekonomi (FE) UNY kembali torehkan prestasi dalam ajang lomba tari kreasi tradisional tingkat nasional 'Culfest Competition 2021' yang diadakan oleh Galaksi Maheswari EO, Sabtu (30/5) lalu. Komunitas tari FE UNY merupakan salah satu komunitas kemahasiswaan di FE UNY untuk mewadahi para mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam dunia tari.

Komunitas tari FE UNY berhasil mendapat Juara 3 dengan tari Biyung Emban yang mampu menyisihkan 63 tim peserta dari berbagai provinsi di antaranya yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Kalimantan Timur, Riau, Jakarta, Sumatera Barat, dan Lampung. Tari Biyung Emban ini menggambarkan wanita yang berperan menjadi abdi dalem yang menjalankan fungsi sebagai pengasuh anak atau pembantu keluarga. Tarian ini ingin memberikan penghargaan secara khusus kepada para biyung emban yang memiliki fungsi penting layaknya sosok ibu. Hal ini sejalan dengan salah satu tujuan SDGs dalam mendorong kesetaraan gender.

Addien Ismi, anggota komunitas tari FE UNY dari D4 Administrasi Perkantoran mengatakan bahwa ajang ini merupakan wadah mengembangkan minat dan bakat meski di masa pandemi.

Anggota tim :

1. Addien Ismi Fadhilah (D4 Administrasi Perkantoran 2019)

2. Syindi Astuti (S1 Akuntansi 2020)

3. Dewi Anggraini (S1 Akuntansi 2020)

4. Chandra Frianjani (S1 Akuntansi 2019)

5. Avinta Rizki Lestari (D4 Akuntansi 2019)

Acara ini dapat disaksikan kembali pada laman

https://www.youtube.com/watch?v=Eah5_msS5DY%C2%A0%C2%A0%C2%A0