Penandatanganan Kerjasama antara Fakultas Ekonomi UNY dan Sekolah-sekolah Mitra

Demi kemajuan pendidikan di Indonesia, semua penyelenggara pendidikan harus terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Selain berusaha secara mandiri, mereka juga harus bisa bekerjasama dengan pihak lain agar beban tersebut lebih ringan dan bahkan bisa jadi berdampak lebih luas daripada hanya bekerja sendirian. Untuk itu, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta menggandeng beberapa sekolah di Yogyakarta dalam jalinan kerjasama yang saling menguntungkan. Sejauh ini, kerjasama yang terlaksana baru sebatas penempatan mahasiswa dalam program KKN-PPL terpadu di sekolah-sekolah sekitar. Namun kebutuhan dunia pendidikan saat ini menuntut bentuk kerjasama lain yang lebih luas dan lebih beragam. Untuk itulah, FE UNY bersama beberapa SMA dan SMK di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta menandatangani naskah kerjasama pada Senin, 18 Maret 2013 di Ruang Sidang Dekanat FE.

Ikut hadir dalam acara tersebut para Kajur, Kadiv, Kabag, dan Kasubbag di lingkungan FE UNY, beserta Jajaran Dekanat FE. Sementara itu, turut pula hadir sebagai undangan, Drs. Maman Surakhman, M.Pd.I. selaku Kepala Sekolah SMA N 9 Yogyakarta, Drs. Rustamaji, M.Pd. (SMK N 1 Yogyakarta), Dra. Titik Komah Nurastuti (SMK N 7 Yogyakarta), Drs. H. Maskur (SMA N 1 Depok Sleman), Drs. Tri Sugiharto (SMA N 1 Kalasan), Dra. Nuning Sulastri (SMK N 1 Tempel), Drs. Sumarman (SMA N 1 Imogiri), Drs. Tri Subandi, M.Pd. (SMK N 1 Pengasih), dan Dra. Niken Susilowati, yang datang mewakili SMA N 4 Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Dekan FE, Dr. Sugiharsono, M.Si. merasa gembira dengan adanya kerjasama ini. Hubungan yang selama ini sudah terjalin dengan pihak sekolah akan semakin meningkat kualitasnya. Sementara itu, Drs. Tri Sugiharto yang berbicara mewakili pihak sekolah juga menyampaikan betapa kegiatan ini sudah diangan-angankan sejak lama oleh sekolah. “Oleh karena itu, kami berharap kerjasama ini dapat ditingkatkan dalam banyak hal, sebagaimana tertuang di dalam naskah kerjasama,” demikian ungkapnya.

Wakil Dekan I Bidang Akademik Prof. Dr. Moerdiyanto dalam paparannya tentang kerjasama ini menyatakan bahwa di abad 21 ini paradigma institusi di dunia bercirikan Informasi (tersedia di mana saja), Komputasi (lebih cepat memakai mesin), Otomasi (menjangkau segala pekerjaan rutin), dan Komunikasi (dari mana saja, ke mana saja). Dengan kemajuan zaman, kerjasama bisa dilakukan lebih optimal, intensif, dan efektif lagi. Beberapa waktu lalu mungkin segala sesuatu dilakukan dengan manual yang memakan banyak waktu dan biaya, tetapi sekarang ada fasilitas email, chatting, dll., yang lebih memudahkan.

Acara penandatanganan berlangsung lancar dan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah. (fadhli)