Memahami Pelanggan Kunci Pelayanan Prima

suasana

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dosen dan karyawan terhadap para mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) UNY mengadakan Pelatihan Pelayanan Prima di Baturaden, Purwokerto pada Jumat-Sabtu (5-6/9) lalu. Di tengah hawa dingin lereng Gunung Slamet, para dosen dan karyawan mendapat wawasan mengenai bagaimana melayani pelanggan dengan kualitas yang baik dari seorang trainer berpengalaman yang juga dosen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Drs. Agung Praptama, MBA, Ak. Acara pelatihan ini diikuti sekitar 100 dosen dan karyawan, termasuk jajaran dekanat, Kepala Bagian TU, para kepala subbagian, serta para ketua jurusan dan program studi di lingkungan FE UNY.

Agung menjelaskan, tulus atau tidaknya seseorang yang memberikan pelayanan bisa terlihat jelas di mata customer. “Dalam memberikan pelayanan, kita harus memahami karakter setiap pelanggan. Sekedar perbedaan gender saja menyebabkan cara pemahaman yang berbeda,” terang pria yang juga menjabat sebagai Direktur AP Training and Consulting ini.

“Memberi pelayanan yang prima bukan hal yang sulit, selama kita memiliki keyakinan bahwa kita bisa melakukannya. Binatang bisa berenang karena mereka tidak berpikir mereka tidak bisa. Berbeda dengan manusia yang selalu berpikir negatif lebih dahulu sebelum melakukan sesuatu,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Bidang Akademik Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M memberikan tiga kunci sukses dalam dunia pendidikan. “Dalam industri pendidikan, ada success triangle, atau segitiga sukses yaitu, layanan prima (excellent services), kepuasan pelanggan (satisfaction), dan pertumbuhan organisasi (growth).”

“Orang yang sukses selalu menempatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai nilai tertinggi, dan bukan menganggapnya sebagai alat untuk mencapai tujuan. Selain itu, mereka juga akan selalu bertanya, apa yang bisa aku berikan untuk mereka, bukan sebaliknya, yaitu apa yang bisa mereka berikan untuk saya,” lanjut Guru Besar Ilmu Manajemen Bisnis di FE UNY ini.

Dalam sambutannya, Dekan Dr. Sugiharsono, M.Si berharap semua pihak mampu meningkatkan kualitas kepribadiannya dalam pelatihan ini agar lebih maksimal dalam memberikan pelayanan. “Kalau kualitas pelayanan masih sama dengan sebelum pelatihan, merugilah mereka. Harus ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Salah satu indikator peningkatan kinerja adalah melalui kepuasan mahasiswa,” ujarnya.

Sugiharsono menambahkan, seseorang yang berpandangan maju harus lapang dada menerima kritik dan tidak malu meniru kebaikan orang lain. “Berikanlah lebih banyak daripada yang diminta, dan berikan lebih daripada yang diharapkan. Miliki kemauan untuk berubah demi kemajuan dan jangan berpuas diri dengan apa yang sudah dicapai,” pungkasnya.

Selain materi secara lisan dari para narasumber, para peserta pelatihan juga mendapatkan bekal pengembangan diri berupa outbond training. Para dosen dan karyawan saling bahu membahu dan bekerja sama untuk menyelesaikan berbagai tantangan tanpa membedakan mana atasan dan bawahan. (fadhli)