FEB UNY Menjadi Host Kongres AFEBI ke-11

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (FEB UNY) tahun ini mendapat kepercayaan untuk menjadi Host Kongres Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Seluruh Indonesia (AFEBI) ke-11. AFEBI beranggotakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari 80 perguruan tinggi di Indonesia. Adapun yang hadir pada kesempatan kali ini sebanyak 70 perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan kongres AFEBI ke-11 terpusat di hotel Eastparc Yogyakarta pada Rabu-Kamis (29-30/11). Kongres AFEBI ke-11 mengangkat tema “Optimalisasi Peran Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam Mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Mewujudkan Kemandirian Ekonomi”. Rangkaian kegiatan dalam rangka Kongres AFEBI ke-11 di Yogyakarta tahun ini, pada hari pertama meliputi: Rapat Dewan Pengurus Nasional AFEBI; Workshop Mentorship Akreditasi Internasional; Forum Asosiasi Program Studi; dan Welcome Dinner. Sedangkan pada hari kedua diselenggarakan Seminar dan Forum Diskusi.

Rapat Dewan Pengurus Nasional AFEBI dipimpin langsung oleh ketua AFEBI periode tahun 2022-2025, yaitu Prof. Dr. Abdul Rahman Kadir, S.E., M.Si., CIPM. Selanjutnya acara workshop Mentorship Akreditasi Internasional memberikan pencerahan dan konsultasi bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang ingin mengajukan akreditasi internasional AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business). Mentor yang mendampingi workshop ini yaitu: Arief Wibisono Lubis, S.E., M.F.M., M.Sc., Ph.D. dan Yeshika Alversia, M.Sc. dari FEB UI, Mandra Lazuardi Ph.D., dan Dr. Yuanita Handayati dari Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB.

Kongres kali ini juga menyelenggarakan forum Asosiasi Program Studi bidang ekonomi dan bisnis. Forum ini bertujuan untuk melakukan penyamaan persepsi terkait dengan pengembangan kurikulum dan meningkatkan kerjasama dalam bidang akademik, riset dan pengabdian. Forum Asosiasi Program Studi dibagi menjadi 6 kelompok yaitu: program studi Manajemen, program studi Akuntansi, program studi Ekonomi Pembangunan, program studi Ekonomi Islam, program studi Magister, dan program studi Doktor.

Selain agenda kegiatan yang bersifat ilmiah, pada hari pertama juga diselenggarakan acara Welcome Dinner bertempat di Rama Shinta Garden Resto Prambanan. Acara Welcome Dinner ini sekaligus menyaksikan pertunjukan sendra tari Ramayana, sebagai bentuk pengenalan budaya Jawa kepada para peserta kongres yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Agenda kegiatan hari kedua diawali dengan acara pembukaan kongres. Pada acara pembukaan kongres disampaikan laporan kegiatan oleh tuan rumah, yaitu Dekan FEB UNY, Dr. Siswanto, M.Pd., sambutan ketua AFEBI, Prof. Dr. Abdul Rahman Kadir, S.E., M.Si., CIPM., dan sambutan Rektor Universitas Negeri Yogykarta. Setelah pembukaan, kongres dilanjutkan dengan acara seminar nasional dan forum diskusi Pendidikan.  Seminar nasional kongres AFEBI ini membahas topik tentang upaya dan strategi pengembangan UMKM di Indonesia. Narasumber seminar berasal dari Kementerian Koperasi dan UKM; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; dan praktisi bisnis. Narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM diwakili oleh Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Ir. Siti Azizah, MBA. Narasumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, diwakili oleh Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata. Sedangkan dari praktisi bisnis menghadirkan CEO Mboc Group, Handoko Hendroyono. (lina/isti)