FEB Unnes Pelajari Pengembangan dan Pengelolaan Laboratorium di FEB UNY

Sebanyak enam orang perwakilan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengunjungi FEB UNY, Rabu (1/11) lalu. Dipimpin coordinator laboratorium, Dr. Bestari Dwi Handayani, rombongan tersebut mengunjungi Departemen Pendidikan Administrasi FEB UNY. Rombongan FEB Unnes disambut Ketua Departemen Dr. Rosidah beserta para dosen. Kunjungan ini dimaksudkan sebagai upaya studi banding pengembangan dan pengelolaan laboratorium.

Sebagaimana disampaikan Handayani, FEB Unnes masih berupaya melakukan berbagai hal agar laboratorium yang tersedia di FEB Unnes bisa diberdayakan sebagai fasilitas pembelajaran tidak hanya bagi mahasiswa FEB Unnes tetapi juga bagi masyarakat umum. “Oleh karena itu kami mengunjungi FEB UNY untuk bersama-sama melihat dan mempelajari pengelolaan di UNY,” terangnya.

Koordinator Laboratorium Pendidikan Administrasi Yuliansah, M.Pd. menyampaikan bahwa laboratorium di Pendidikan Administrasi sudah ada sejak 2010 saat FEB masih bersama di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE). “2012 sudah diluncurkan untuk umum. Selain mahasiswa, pangsa pasar kami adalah siswa SMK dan guru-guru,” katanya.

Yuliansah melanjutkan, di FEB terdapat laboratorium tingkat fakultas, tingkat departemen, dan tingkat program studi. “Laboratorium Simulasi Perkantoran contohnya digunakan untuk tempat praktik simulasi perkantoran serta tempat uji kompetensi administrasi perkantoran. Sementara itu, Laboratorium Teknologi Perkantoran sering digunakan sebagai tempat praktik untuk SMK, selain pernah digunakan oleh perguruan tinggi lain dan umum,” tambahnya. (fdhl)