FE UNY Terima Kehadiran Pertama LAMEMBA di Prodi S1 Manajemen

Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) UNY adalah salah satu prodi favorit di FE bahkan di UNY. Pada tahun 2021 lalu, lebih dari 14 ribu orang mendaftar di prodi ini dari berbagai jalur. Oleh karena itu, kualitas pengajaran dan SDM di prodi harus terus ditingkatkan. LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi) menjadi lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan proses Akreditasi untuk program studi di lingkup EMBA (Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi).

Pada tahun ini, Prodi S1 Manajemen mendapatkan Asesmen Lapangan dari LAMEMBA dengan asesor Prof. Dr. Hatane Semuel, M.S., dari Universitas Kristen Petra Surabaya dan Dony Abdul Chalid, S.E., M.M., Ph.D. dari Universitas Indonesia. Dekan FE UNY Dr. Siswanto, M.Pd. beserta jajaran menyambut baik kedatangan asesor dari LAMEMBA ini, Selasa (9/8) lalu. "Kami antusias dengan proses asesmen lapangan ini karena ini pertama kali menerima asesmen lapangan LAMEMBA. Mohon bantuan dan arahan untuk berbagai dokumen borang yang telah kami siapkan," ujarnya.

Dalam kesimpulannya menutup asesmen lapangan, Semuel menitipkan pesan agar prodi senantiasa terus berupaya meningkatkan kinerjanya. "Penataan dan penyiapan data-data ini tidak hanya tahun ini tapi berkelanjutan. Ada beberapa rekomendasi yg bisa dipakai. Ke depan kami harapkan peran dosen lebih ditingkatkan dalam bidang EMBA, menggunakan bahan ajar kasus-kasus bisnis internasional, dan ini nantinya akan menjadi nilai unggul," demikian paparnya.

"Tata pamong dan governance sudah dijalankan dengan baik. Konsistensi diperlukan agar kredibilitas pimpinan dapat dijalankan dengan baik. Inkubator bisnis perlu ditingkatkan layanannya dan menciptakan banyak pakar sesuai dengan konsentrasi di tiap keilmuan," tambahnya. (fdhl)