BEM FE UNY Sosialisasikan Pemilu 2014

Widiarti

Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM KM FE) UNY menyelenggarakan Sosialisasi Pemilu 2014. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Ramah Tamah Fakultas Ekonomi UNY pada Rabu (12/03). Tak kurang dari 110 mahasiswa dari berbagai kampus hadir dalam acara tersebut, antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Sarjana Tamansiswa (UST), serta mayoritas dari mahasiswa UNY sendiri. Indah Sri Wulandari, S.E., M.Sc. selaku ketua bidang sosialisasi dari KPUD Sleman yang hadir sebagai pembicara dalam agenda ini menyampaikan materi seputar Pemilu 2014, baik dari segi teknis maupun dari segi hukum. Sosialisasi Pemilu 2014 diadakan agar mahasiswa sebagai salah satu kelompok pemilih pemula bisa turut berpartisipasi di dalamnya.

Dalam sambutannya Dico selaku ketua panitia menyampaikan pentingnya sosialisasi pemilu ini dilaksanakan, sebab mayoritas mahasiswa adalah pemilih pemula, yang kebanyakan dari mereka masih awam dengan tata cara pemilu. “Jika mahasiswa sebagai kaum intelektual sudah paham tentang seluk beluk pemilu, maka angka golput akan dapat dikurangi”, tambah Dico.

Di sela-sela pembicara menyampaikan materi, sesekali beliau meneriakkan jargon “Pemilu 2014”, yang kemudian dengan kompak dijawab para peserta dengan “nyoblos yuuk!,” sehingga penyampaian materi tidak membosankan. Ditunjukkan pula contoh surat suara untuk pemilihan calon legislatif pada Pemilu 9 April mendatang sehingga para peserta bisa mengetahui secara langsung. Sebagian dari peserta juga dibagikan pamphlet dan leaflet tentang sosialisasi pemilu.

Antusias para peserta cukup tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada pembicara di saat sesi tanya jawab. Satu persatu pertanyaan dijawab oleh pembicara dan tak lupa di akhir acara panitia menyerahkan kenang-kenangan sebagai ucapan terimakasih atas kehadiran Widiarti selaku pembicara dalam acara Sosialisasi Pemilu 2014 yang diselenggarakan oleh BEM FE UNY ini. (arz)