SMK Maarif Tegalrejo Magelang Kunjungi FE UNY

suasana

Sebanyak seratus orang siswa SMK Maarif NU Tegalrejo Magelang beserta para guru pendamping mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Senin (29/9). Sekolah yang dikepalai oleh Drs. H. Nuryahman ini tiba di FE UNY dengan dipimpin oleh ketua rombongan Hari Kristianto, SH, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Kunjungan ini dimaksudkan agar siswa bisa mengetahui seluk beluk Universitas Negeri Yogyakarta, khususnya Fakultas Ekonomi sehingga diharapkan mereka memiliki motivasi lebih lanjut untuk berkuliah di UNY. SMK Maarif Tegalrejo Magelang terdiri dari dua bidang keahlian, yaitu Teknik Kendaraan Ringan dan Akuntansi. Dekan, Dr. Sugiharsono, M.Si dan Wakil Dekan II, M. Djazari, M.Pd berkesempatan menyambut rombongan di ruang Auditorium FE UNY.

Dalam sambutan selamat datangnya, Dr. Sugiharsono, M.Si menjelaskan, Fakultas Ekonomi masih berusia relatif muda. Fakultas ini sudah ada embrionya sejak tahun 1964, yang saat itu masih berbentuk jurusan. “Berkat perjuangan para pendahulu, embrio FE UNY saat itu terus berkembang dan akhirnya benar-benar berdiri pada 22 Juni 2011 dan memisahkan diri dari Fakultas Ilmu Sosial,” terangnya.

Diterima Dekan dan Wakil Dekan II, Senin (29/9), Hari berharap para siswa bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya agar suatu saat bisa melanjutkan studi. “Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengetahui berbagai hal-ihwal perkuliahan dan semoga kunjungan industri ini bisa menjadi pelecut semangat untuk studi lanjut di UNY,” tuturnya.

“Fasilitas di FE UNY sudah memadai. Hampir setiap jurusan memiliki lebih dari satu laboratorium. Untuk menikmati fasilitas itu, tidak perlu khawatir dengan ketidakmampuan biaya. Ada bantuan berupa beasiswa bagi kalian. Bidikmisi, BBM, Bank Indonesia, adalah beberapa beasiswa yang tersedia di FE. Mahasiswa akan mendapat bantuan untuk sebagian bahkan, khusus Bidikmisi, seluruh biaya pendidikan selama masa studi,” tambah Sugiharsono.

“Akuntansi adalah salah satu program studi terfavorit di UNY. Oleh karena itu, kalian harus memacu kemampuan kalian lebih keras lagi. Jangan lupakan potensi non akademik kalian, karena itu bisa menjadi salah satu cara untuk masuk ke UNY melalui jalur prestasi,” tutup Sugiharsono. (fadhli)