Berlatih Analisa Bersama Guest Lecturer dari Perancis

Jumat (26/4) lalu, bertempat di ruang Laboratorium Akuntansi Fakultas Ekonomi UNY, sebanyak kurang lebih 30 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Akuntansi dan P.S. Akuntansi mengikuti kuliah istimewa berupa Guest Lecture. Pada kesempatan kali itu, Guest Lecture dibimbing oleh Camille Egloff, seorang berkebangsaan Perancis yang saat ini menjadi volunteer dari Prestasi Junior Indonesia (PJI) yang terpusat di Jakarta. Camille, begitu dia disapa, adalah seorang sarjana di bidang Administrasi Bisnis (Bachelor of Business Administration) di Grand Valley State University, Amerika Serikat, dan sekarang menempuh pendidikan untuk gelar Master 2-nya di ESSCA (Ecole Supérieure des Sciences Commerciales d'Angers), yang merupakan salah satu dari dua puluh sekolah bisnis terbaik di Perancis.

Pada siang tersebut, Camille didampingi Alvi Harahap, Finance Manager dari PJI, serta Kaprodi Akuntansi Dhyah Setyorini, M.Si., Ak. dan dosen Denies Priantinah, M.Si., Ak. Camille memberikan materi seputar analisis keuangan kepada para mahasiswa dari kedua program studi tersebut yang pernah mengikuti mata kuliah Manajemen Keuangan dan Analisis Laporan Keuangan. Melalui sedikit penjelasan, Camille mencoba merangsang daya analisa mahasiswa dengan memberikan mereka data laporan keuangan dan penjualan dari perusahaan Harley Davidson selama tahun 2008 dan 2009. Para mahasiswa dipasangkan satu sama lain untuk kemudian secara bersama menganalisa data-data tersebut dan berusaha mendapatkan berbagai informasi atau kesimpulan dari angka-angka yang tersaji.

Setelah beberapa menit diskusi, Camille kemudian meminta beberapa kelompok untuk melaporkan analisanya. Dari presentasi sejumlah kelompok, Camille tampak terkesan dan melontarkan pujian kepada mahasiswa yang secara percaya diri mengungkapkan pendapat mereka yang mampu menghubungkan angka-angka pada data tersebut dengan berbagai faktor-faktor serta fenomena Krisis Ekonomi di Amerika yang terjadi pada sekitar tahun 2008-2009. Camille yang masih berusia 23 tahun namun sudah memiliki banyak pengalaman magang di perusahaan-perusahaan internasional ini tampak semangat membimbing dan mendampingi seluruh kelompok. (fadhli)