Penerimaan Orang Tua Mahasiswa Baru di FE UNY

Penerimaan Maba

Untuk menyukseskan proses pembelajaran mahasiswa di Kampus, persepsi antara orang tua dan dosen tentu perlu disamakan. Dengan persepsi yang sama, proses pembentukan lulusan yang taqwa, cendekia, dan mandiri, sebagaimana visi UNY, menjadi lebih mudah. Untuk tujuan itu, para orang tua/wali mahasiswa baru UNY, terkhusus Fakultas Ekonomi (FE) dikumpulkan bersama di Auditorium FE UNY, Minggu (24/8). Sebanyak lebih dari 600 orang tua/wali mahasiswa baru FE UNY 2014 menghadiri acara Pertemuan Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru FE UNY 2014 dengan pihak fakultas. Acara ini dihadiri oleh segenap jajaran dekanat FE, Kabag, Kasubag, serta Ketua Jurusan (Kajur) dan Ketua Program Studi (Kaprodi) di lingkungan FE. Beberapa dosen dan karyawan juga tak lupa menyambut para tamu.

Bambang Saptono, M.Si., orang tua dari Anindya Rosi Nareswari, menjadi wakil dari segenap orang tua menyampaikan sambutannya. “Kami berdoa semoga anak kami bisa mencapai cita-citanya di sini. Kami juga akan berusaha sebaik mungkin, supaya kami mampu membimbing anak-anak kami agar bisa lulus dengan tepat waktu serta prestasi yang baik,” paparnya sembari mengajak segenap orang tua untuk sanggup mendampingi anak-anak selama berkuliah di UNY.

Seusai menyematkan jas almamater kepada Anindya Rosi Nareswari sebagai tanda penerimaan mahasiswa baru, Dekan mengucapkan selamat kepada para orang tua. “Terima kasih atas kepercayaan bapak dan ibu menyerahkan anak-anak Anda untuk kami didik. Semoga kami bisa membayar kepercayaan itu dengan hasil yang sesuai harapan,” tuturnya.

Joko Kumoro, M.Si., Ketua Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran menjelaskan, orang tua dan dosen bisa saling membantu. “Dosen dan orang tua bisa berposisi simbiosis mutualis. Fungsi dosen itu yang pertama sebagai guru, kedua sebagai orang tua. Sedangkan orang tua, tentu fungsi pertamanya adalah orang tua, dan kedua bisa sebagai guru. Kami tidak bisa selalu mengawasi anak-anak, maka kami perlu bantuan dari orang tua juga,” jelasnya. (fadhli)