Mahasiswa FE UNY Mengikuti Sit-in Program di IUKL Malaysia

Dalam rangka internasionalisasi program studi, Jurusan Manajemen dan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNY mengirimkan lima belas orang mahasiswa untuk mengikuti program sit-in di Infrastucture University Kuala Lumpur (IUKL) pada 27-28 November 2014. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini menurut Kiromim Baroroh, dosen pembimbing yang mengukuti kegiatan ini ialah, “Mahasiswa akan memperoleh pengalaman kuliah di universitas lain di luar negeri. Mereka akan merasakan bagaimana rasanya berkuliah dengan atmosfer internasional dan tentu saja berinteraksi dengan teman-teman sesama mahasiswa dari berbagai negara,“ ungkap Kiromim.

Menurut Setyabudi Indartono, Ph.D, selaku Ketua Jurusan Manajemen, “Kegiatan sit-in semacam ini akan dirancang untuk bisa dilaksanakan setiap tahun, agar mahasiswa FE UNY mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu dari dosen asing. Tidak hanya teori perkuliahan saja yang didapatkan, namun kegiatan ini juga mendorong mahasiswa untuk mempersiapkan diri agar bisa berinteraksi dengan mahasiswa dari negara lain”, ujar Setyabudi.   

Selama dua hari mengikuti kegiatan sit-in di IUKL, mahasiswa FE UNY terlibat dalam berbagai kegiatan, di antaranya kegiatan perkuliahan, kegiatan diskusi dengan mahasiswa IUKL, cultural night, serta kunjungan industri di salah satu perusahaan mitra IUKL. Saat mengikuti cultural night, mahasiswa FE UNY menampilkan beberapa lagu daerah Indonesia, dan yang lebih menggembirakan kegiatan tersebut mendapatkan sambutan sangat baik dari mahasiswa IUKL. Banyak di antara mahasiswa IUKL merupakan pelajar Indonesia, sehingga rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia terasa sangat kental.  TIdak hanya lagu dan tarian daerah Indonesia yang ditampilkan namun juga beberapa tarian dari negara lain.

Senada dengan dosen pembimbing, Adin Gustina, mahasiswa Jurusan Manajemen FE UNY yang menjadi salah seorang peserta mengatakan, “Kegiatan ini memberikan pengalaman yang berharga bagi kami, dan semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik bagi kerjasama UNY dan IUKL untuk dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengikuti sit-in di luar negeri”. (lina)