Kunjungan Industri SMK Darussalam di FE UNY

Guna mengetahui lebih jauh seputar perkembangan di dunia usaha dan pendidikan saat ini, sebanyak 117 siswa beserta guru pendamping dari SMK Darussalam Karangpucung, Majenang, Cilacap berkunjung ke Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Rabu (19/10) kemarin. Rombongan diterima Wakil Dekan III Isroah, M.Si dan dosen di lingkungan jurusan.  Selain informasi dunia usaha kontemporer, rombongan juga mendapatkan pengetahuan mengenai perkuliahan yang diadakan di FE UNY.

“Banyak hal yang bagus yang bisa kita lihat di UNY ini begitu turun dari bus. Lingkungan juga tampak hijau. Kami harap dengan kunjungan ini bisa didapatkan berbagai informasi seputar UNY sebagai salah satu referensi perguruan tinggi di Yogyakarta. Setelah lulus, para siswa bisa mendapatkan info guna melanjutkan studi. Selain itu, kami juga berharap bisa menindaklanjuti perkembangan-perkembangan di dunia ekonomi dan mengaplikasikan dan mengembangkannya di lingkungan sekolah kami,” terang ketua rombongan Zaidin, M.Pd.

Mewakili fakultas, Isroah menyambut baik kunjungan industri tersebut. “Fakultas Ekonomi merupakan fakultas termuda di UNY. Usianya baru 5 tahun. Tetapi animonya salah satu yang terbesar di UNY. Oleh karena itu, teruslah belajar dan kembangkan potensi kalian, apapun itu, karena itu bisa jadi salah satu tiket mendapatkan kursi di UNY ini kelak,” terang Isroah.

Dosen di jurusan Pendidikan Akuntansi FE UNY yang menerima rombongan, Arief Zuliyanto, M.Sc menguraikan berbagai hal seputar perkuliahan di FE UNY, khususnya di Pendidikan Akuntansi. “Jurusan Pendidikan Akuntansi memiliki tiga prodi, yaitu S1 Pendidikan Akuntansi, S1 Akuntansi, dan D3 Akuntansi. Kami tidak hanya mencetak calon guru Pendidikan Akuntansi, tetapi juga calon-calon profesional di Akuntansi, serta wirausahawan yang unggul,” terang Arief.

“Selain itu, kami juga memiliki kelas unggulan, atau kelas internasional. Perkuliahan diselenggarakan secara bilingual, dan penyelesaian tugas akhir skripsi juga dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kami ingin para lulusan bisa bersaing secara internasional,” tambah Arief.

Antusiasme para siswa terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan. Para siswa menanyakan seputar penyelenggaraan kelas unggulan, beasiswa yang tersedia, hingga berbagai kegiatan kemahasiswaan yang diadakan di UNY. (fadhli)