IMB Siap Layani Lebih Banyak Nasabah

nasabah

Islamic Mini Bank (IMB) Fakultas Ekonomi (FE) UNY kini siap melayani nasabah lebih banyak lagi. Berdiri sekitar dua bulan lalu, ternyata IMB mendapatkan sambutan sangat positif dari seluruh elemen, baik mahasiswa, dosen maupun karyawan. Menurut laporan bagian administrasi IMB, hingga kini (25/4) jumlah nasabah IMB sudah sekitar 70 nasabah, baik nasabah Simpanan Mandiri, Cendekia, BRIGHT maupun Kurban Taqwa. Tidak hanya mahasiswa, partisipasi nasabah juga datang dari karyawan maupun dosen khususnya Fakultas Ekonomi. Mustofa, M.Sc., Mimin Nur Aisyah, M.Sc., Ak., Adeng Pustikaningsih, M.Si., dan Bambang Suprayitno, M.Sc adalah sebagian dosen yang mendaftar menjadi nasabah.

Sambutan hangat tidak hanya datang dari Fakultas Ekonomi, terbukti dengan adanya nasabah dari lain fakultas seperti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan juga Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang turut serta menjadi nasabah IMB. Mereka sangat senang dengan kehadiran IMB, karena dengan adanya IMB mereka dapat menabung di lingkungan kampus dan juga praktik perbankan syariah secara langsung. Jenis simpanan yang mereka pilih pun beragam, yang paling menarik adalah simpanan mandiri, karena nasabah bisa menabung sewaktu-waktu dan juga bisa mengambil uang kapan pun.

Selain simpanan mandiri, IMB juga melayani simpanan Cendekia, BRIGHT dan juga Kurban Taqwa. Simpanan Cendekia adalah simpanan berupa deposito berjangka, yaitu nasabah bisa menabung untuk keperluan KKN, PPL, Yudisium, maupun wisuda. Dengan adanya simpanan tersebut maka akan memudahkan nasabah untuk sejak dini mempersiapkan keuangan perkuliahan. Untuk organisasi kampus, seperti Himpunan Mahasiswa (Hima), Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) maupun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) juga dapat menyimpan uang di IMB dengan jenis produk Simpanan BRIGHT. Saat ini sudah ada 3 nasabah simpanan BRIGHT yaitu Hima Manajemen, Hima Akuntansi dan juga Kelompok Studi Ekonomi Islam Center for Islamic Economic Studies (KSEI CIES) UNY. Dan produk terakhir yang ditawarkan Islamic Mini Bank adalah Simpanan Kurban Taqwa. Simpanan ini bertujuan untuk persiapan ‘Idul Qurban di mana nasabah dapat memilih paket simpanan kurban dan tahun untuk berkurban.

Bagi yang berminat untuk menjadi nasabah, syaratnya sangat mudah, yaitu dengan menyerahkan foto kopi kartu identitas dan juga Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), maka nasabah langsung bisa mengisi formulir pendaftaran dan juga memilih jenis simpanan yang diinginkan. Untuk besaran setoran pokok dan sertifikat modal IMB masing masing sebesar Rp 10.000,00 dan Rp 30.000,00. Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut maka pendaftar resmi menjadi nasabah dan memiliki buku tabungan di IMB.

“Kehadiran IMB yang begitu disambut hangat oleh berbagai kalangan membuat IMB semakin bersemangat untuk meningkatkan promosi dan juga layanan kepada nasabah. Harapannya IMB akan semakin berkembang lebih baik dan Insya Allah siap untuk melayani nasabah lebih banyak lagi,” tutur Siti Maesyaroh, Direktur IMB 2014