FE Gelar Pelatihan dan Ujian Sertifikasi WPPE Pemasaran

Kegiatan pasar modal di Indonesia terus tumbuh dan berkembang. Berkembangnya pasar modal di Indonesia meningkatkan permintaan sumber daya manusia yang kompeten dan ahli dalam bidang pasar modal. Menindaklanjuti permintaan akan SDM tersebut, Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi (FE) UNY bekerjasama dengan The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) mengadakan Sertifikasi Keahlian Wakil Perantara Perdagangan Efek Pemasaran Program Waiver, Selasa (27/12) lalu. Selain untuk memenuhi permintaan SDM bersertifikat, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keahlian agar dapat memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai cara berinvestasi yang baik.

Pelaksanaan program pelatihan dan pendidikan program sertifikasi Keahlian Wakil Perantara Perdagangan Efek Pemasaran (WPPE Pemasaran) melibatkan 83 peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY yang telah memenuhi persyaratan. Pelatihan sesi pertama diisi oleh Irfan dari Bursa Efek Indonesia Yogyakarta dengan pemberian materi mengenai pasar modal. Sesi kedua diisi oleh perwakilan dari First Asia Capital Yogyakarta. Selain memberikan materi tentang pasar modal, kedua pemateri juga memaparkan strategi untuk menguasai 4 modul bahan ujian dengan pembahasan soal.

Ujian pertama sertifikasi WPPE Pemasaran dilaksanakan Jumat 30 Desember 2016 di Fakultas Ekonomi UNY. Peserta yang belum lolos pada ujian pertama diberikan dua kali kesempatan untuk mengikuti ujian kembali. Ujian kedua dilaksanakan pada 13 Januari 2017 dan berjalan lancar. Ujian ketiga rencananya dilaksanakan pada bulan Februari 2017. Pelaksanaan pelatihan dan ujian sertifikasi WPPE pemasaran program waiver ini didampingi oleh dua dosen pendamping yaitu M. Andryzal Fajar, M.Sc., Ak., dan Muniya Alteza, M.Si.. (Alfi/fadhli)