WORKSHOP LINK AND MATCH: INOVASI DORONG KEMAJUAN TEKNOLOGI INDONESIA

Fakultas Ekonomi (FE) UNY melalui Unit Urusan Internasional dan Kerjasama (U2IK) mengadakan kegiatan “Workshop Link and Match” yang berkaitan dengan Tri Dharma dosen dalam dan luar negeri. Workshop diadakan pada Selasa, 29 Juni 2021 pukul 09.00 WIB. Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Siswanto, M.Pd, selaku Dekan FE UNY yang mendorong kegiatan penjalinan kerjasama perguruan tinggi khususnya fakultas ekonomi dengan praktisi di dunia usaha dan dunia industri (DUDI). Workshop ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom, dan diikuti oleh dosen-dosen fakultas ekonomi dari berbagai universitas di Indonesia.

Materi diberikan oleh dua orang narasumber yang merupakan praktisi industri dari dalam dan luar negeri. Narasumber pertama merupakan Muhammad Arief Budiman, Ph.D., sebagai Direktur PT Orion Biosains dan Senior Scientist Orion Genomics USA. Arief menyampaikan materi terkait dengan gambaran kegiatan perusahaan dan sangat terbuka untuk pelaksanaan kerjasama dengan FE UNY. Kegiatan kerjasama yang dapat dilakukan oleh FE UNY dengan PT Orion Biosains adalah kerjasama dalam bentuk joint research dan magang mahasiswa atau dosen di laboratorium utama PT Orion Biosains yang berada di Singapura.

Narasumber kedua adalah Arief Mustain selaku Director and Chief Strategy and Innovation Office di PT Indosat Ooredoo, Tbk. Narasumber kedua tersebut memaparkan materi mengenai pentingnya inovasi terutama di bidang digital, guna mendorong kemajuan teknologi dan internet di Indonesia. PT Indosat Ooredoo sendiri, menyediakan berbagai kegiatan yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan magang, seperti Virtual Hackathon, Idea Program, dan lainnya.

Kegiatan Workshop Link and Match ini diharapkan mampu memberi gambaran bagi dosen-dosen untuk melakukan kerjasama dalam hal Tri Dharma dengan dunia usaha dan industri yang ada di dalam maupun luar negeri.