Visit Studi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang ke FE UNY

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) melakukan visit studi Ke Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) pada Kamis (6/12). Rombongan sebanyak 4 orang diterima oleh Kepala Tata Usaha FE UNY, Kasubag Umum, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan dan Staf Humas di ruang Ka. TU FE UNY. Rombongan terdiri dari Kabag TU Dra. Siti Khadijah, MM, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Asmidas, S.Sos., Kasubag Umum Zamrud, A.Md. dan Syahrizal Dosen FE UNP. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin tali silaturrahmi dan meningkatkan kinerja di masing-masing lembaga yang notabene sama-sama sebagai Fakultas Ekonomi yang baru lahir. Dahulunya FE UNP tergabung dengan Fakultas Ilmu Sosial UNP namun mulai tahun 2005 FE UNP secara mandiri terpisah dan sesuai SOTK mulai tahun 2010 FE UNP berdiri sendiri sedangkan FE UNY baru mulai menempati gedung FE UNY tanggal 3 Oktober 2011 walaupun sesuai OTK FE UNY lahir tanggal 22 Juni 2011.

Menanggapi tujuan tersebut, Kabag TU FE UNY Drs. Budi Sulistya mengatakan bahwa meskipun FE UNY masih tergolong baru sebagai Fakultas Ekonomi, namun FE UNY telah memiliki sistem layanan yang serba online. Sebagai contoh, pendaftaran yudisium mahasiswa tidak lagi dengan mengambil blangko pendaftaran di loket bagian akademik, namun mahasiswa dapat langsung men-download file pendaftaran yudisium mahasiswa dan menyerahkannya ke bagian akademik untuk disahkan. Sistem layanan akademik FE UNY telah terintegrasi dengan sistem layanan akademik Universitas atau dikenal dengan SIAKAD (Sistem Informasi Akademik). Disamping itu FE UNY juga memiliki SIKAFE (Sistem Informasi Akademik Fakultas Ekonomi) yang merupakan sistem layanan akademik yang dikhususkan untuk Fakultas Ekonomi dalam rangka menunjang SIAKAD UNY.

FE UNY mempunyai 4 Jurusan yaitu; Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Administrasi dan Manajemen. Dan mempunyai 8 Prodi yaitu; Pendidikan Akuntansi, Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Manajemen, D3 Akuntansi, D3 Sekretari dan D3 Pemasaran. FE UNY mempunyai beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan belajar mengajar diantaranya; lab komputer akuntansi, lab akuntansi manual, lab perbankan, lab komputer ekonomi, lab komputer manajemen, laboratorium kewirausahaan, internet, microteaching, lab pojok bursa dan lab administrasi perkantoran. (Isti)