Tim Peneliti UNY adakan Focus Group Discusion (FGD) Literasi Keuangan

Jumat (08/01) kemarin, Tim Generasi Cerdas Keuangan kembali mengadakan Focus Group Discussion (FGD) persiapan implementasi literasi keuangan untuk siswa sekolah dasar. FGD ini dilaksanakan di ruang sidang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY mulai pukul 13.30 WIB. Tim ini terdiri dari sembilan mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) di bawah bimbingan Dr. Ratna Candra Sari, M.Si. dan Prof. Suyanto, Ph.D. Kesembilan pionir ini terbentuk sejak Oktober lalu dan tergabung dalam sebuah Riset Produktif Implementatif Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Riset ini bekerjasama dengan LPDP Kementerian Keuangan, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Acara FGD ini dihadiri sekitar 60 guru sekolah dasar yang telah ditunjuk sebagai uji coba implementasi literasi keuangan yaitu SD Muhammadiyah Sapen, SD Muhammadiyah Pakel, dan SD Muhammadiyah Jogokariyan. Dalam FGD ini turut dihadiri juga oleh ketua LPPM UNY, para kepala sekolah dari tiap SD peserta uji coba, perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan DIY, dan perwakilan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY.

Acara FGD diawali dengan sambutan dari Prof. Dr. Anik Ghufron sebagai ketua LPPM UNY yang kemudian dilanjutkan pemberian materi serta penyampaian evaluasi penerapan literasi keuangan dari guru sekolah dasar tersebut beberapa waktu yang lalu yang dipimpin oleh Dr. Ratna Candra Sari, M.Si. dan Prof. Suyanto, Ph.D. Dalam kesempatan ini pula, para guru menyampaikan apresiasi terhadap matrikulasi pembelajaran literasi keuangan yang telah dilakukan dan penyampaian kendala-kendala serta saran agar lebih baik. Harapannya, pembelajaran literasi keuangan ke depannya bisa terimplementasi dengan baik.

Setelah sesi ini usai, dilanjutkan sesi diskusi, di mana peserta forum dikelompokan ke dalam grup kecil sesuai kelas yang diampunya. Dalam diskusi ini membahas materi yang menjadi bahan ajar implementasi literasi keuangan yang rencananya diterapkan pada pertengahan Januari ini. Melalui kegiatan ini, guru dibekali apa saja yang akan diajarkan dan bagaimana cara mengajarkannya, serta apa fasilitas yang akan dibuat untuk mendukung pembelajaran literasi keuangan ini. Dengan demikian, diharapkan guru akan lebih siap dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya.

Di akhir kegiatan, Dr. Ratna Candra Sari, M.Si. menyampaikan beberapa pengumuman seperti implementasi literasi keuangan, rumah cerdas literasi keuangan, dan lomba cerdas cermat literasi keuangan. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat mempersiapkan bibit-bibit unggul siswanya. Masyarakat umum pun bisa mengakses gambaran pembelajaran literasi keuangan di www.generasicerdaskeuangan.com, atau melalui fanspage facebook Generasi Cerdas Keuangan. (desi/fadhli)