Tahapan dalam Hidup Manusia

Fakultas Ekonomi (FE) UNY memberikan santunan kepada 20 orang duafa dalam acara pengajian fakultas, Jumat (13/1) lalu. Acara pengajian dihadiri oleh lebih dari 80 dosen, karyawan, serta perwakilan mahasiswa. Ustaz Didik Purwodarsono menjadi pemateri dalam kesempatan kali itu. Dekan Dr. Sugiharsono menyatakan, pengajian ini rutin diadakan setiap dua bulan sekali dan bersifat sukarela. Dalam laporannya, Ketua Kegiatan Kerohanian FE UNY Isroah, MSi mengajak para dosen dan karyawan untuk tak ragu berbagi dengan sesama. “Melalui dana sosial, kita bisa sedikit memberikan kebahagiaan dengan yang lain,” ucapnya.

Ustaz Didik dalam materinya mengingatkan bahwa manusia memiliki beberapa tahapan usia. “Hidup manusia bisa dibagi ke dalam fase-fase per 20 tahun. “Target sebelum umur kita mencapai 40 tahun, adalah seperti yang digambarkan melalui Surat Ali Imran ayat 14. Manusia di usia tersebut disibukkan untuk mendapatkan harta, kuda pilihan, hewan ternak yang produktif, dan sawah ladang,” ungkap Didik.

Didik juga mengingatkan, bagi mereka yang mengejar karir, tetap tidak boleh melupakan anak. “Mereka yang melepaskan anak dan justru meninggalkan anak kepada orang tua mereka, tanpa sadar telah melakukan lima dosa sekaligus. Dosa kepada Allah, karena telah menyia-nyiakan amanah langsung dari Allah. Dosa kepada orang tua sendiri, karena menyusahkan di masa tua mereka. Dosa kepada diri sendiri, karena telah melepas kenikmatan mendampingi tumbuh kembang sang anak. Dosa kepada anak, karena memberikan hidup yang mudah kepada anak justru akan mempersulitnya menghadapi masa depan. Yang terakhir, dosa kepada masyarakat, karena anak yang gagal dididik akan berpotensi melahirkan generasi pemalas, agresif, atau mengganggu keamanan dan ketertiban nasional,” urainya panjang lebar.

Didik menambahkan, melewati usia 40 tahun seorang manusia dianjurkan mengamalkan Surat Al Ahqaf ayat 15, di mana mereka diharuskan banyak bersyukur atas nikmat yang telah mereka dapatkan. “Selepas usia 60 tahun, tinggal mengamalkan Surat Al Muzammil ayat 20. Perbanyak sholat, tunaikan zakat, dan membaca ayat-ayat Alquran yang mudah,” tambahnya. (fadhli)