Studium General Ekonomi Islam Al Fatih

Minggu, 21 April 2013 pukul 08.00 Badan Semi Otonom Center of Islamic Economics Studies (CIES) UKMF Al Fatih Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan Studium General Ekonomi Islam yang bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) Yogyakarta. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Acara ini bertemakan “Peran Strategis Perbankan Syariah dalam Perekonomian Indonesia” yang menghadirkan Taufikur Rahman, S.E, MBA (Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM) dan Aris Gunawan (Marketing Manager Bank Syariah Mandiri).

Acara ini dihadiri sekitar 180 mahasiswa baik dari Fakultas Ekonomi UNY, mahasiswa umum UNY, maupun dari universitas-universitas lain di Yogyakarta. Di antara yang hadir adalah dari UIN Sunan Kalijaga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, STEI Hamfara, dan STEI Yogyakarta. Dalam kesempatan itu juga dihadiri Koordinator Regional Yogyakarta dan pengurus Forum Silaturahim dan Studi Ekonomi Islam Yogyakarta.

 Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sambutan dari ketua panitia dan Director of Center of Islamic Economics Studies, Siti Maesyaroh. Dalam sambutannya, Maesyaroh yang juga akrab disapa May memaparkan kegiatan-kegiatan yang direncanakan BSO CIES UKMF AL FATIH selama satu periode kepengurusan. Di antaranya adalah Seminar Nasional Ekonomi Islam, Islamic Banking Training, Kajian Ekonomi Islam, dan Mini Class Discussion (MCD). Dan sebagai pembuka acara diskusi umum Ekonomi Islam adalah dengan diselenggarakan acara tersebut. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan Mustofa, M.Sc. selaku Pembina UKMF AL FATIH.

Acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi yang dimoderatori oleh Risang Purnama Nugraha (ketua UKMF Al Fatih 2011). Dalam sesi ini Taufikur Rahman menjelaskan mengenai ekonomi syariah dan perbankan syariah di Indonesia. Ekonomi dalam Islam adalah ilmu yang mempelajari segala perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dengan tujuan memperoleh falah (kedamaian & kesejahteraan dunia-akhirat). Perilaku manusia di sini berkaitan dengan landasan-landasan syari’at sebagai rujukan berperilaku dan kecenderungan-kecenderungan dari fitrah manusia. Dan dalam Ekonomi Islam, kedua hal tersebut berinteraksi dengan porsinya masing-masing hingga terbentuklah sebuah mekanisme ekonomi yang khas dengan dasar-dasar nilai Ilahiyah. Dan peranan utama Ekonomi Islam adalah “mewujudkan kehidupan rakyat yang sejahtera lahir dan batin”.

Materi kedua disampaikan dari pihak Bank Syariah Mandiri, Aris Gunawan, yang menyampaikan mengenai perkembangan Perbankan Syariah dan kesiapan Indonesia menghadapi MEA 2015.

Acara ini merupakan rangkaian acara kajian Ekonomi Islam rutin yang diadakan oleh Center of Islamic Economics Studies UKMF AL FATIH FE UNY yang ditujukan untuk umum, baik civitas UNY, maupun mahasiswa luar yang tertarik untuk mengikuti dan mempelajari Ekonomi Islam.(may)