Studi Alam Berhiaskan Islam (SAHAM) UKMF Al-Fatih FE UNY

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Al-fatih Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) pada hari Sabtu-Minggu (8-9/9) mengadakan acara SAHAM (studi Alam berhiaskan Islam) di SD dan SMP yang bernuansa alam dan berada di kawasan yang alamnya masih sangat sejuk dan indah yaitu SD dan SMP IT Alam Nurul Islam di Gamping, Yogyakarta. Acara ini di ikuti oleh sekitar 45 mahasiswa baru FE UNY dari berbagai jurusan. Mulai dari jurusan Pendidikan akutansi, Akutansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran bahkan dari kampus D3 Wates. Menurut Ketua Al-Fatih, Risang Purnama kegiatan SAHAM diadakan untuk memberikan sudut pandang terhadap mahasiswa baru akan semangat berprestasi, berorganisasi, berkontribusi dan tentunya memberikan gambaran tentang kesempurnaan islam itu sendiri. Akidah islam yang harus benar dan semangat membangun baik individu sampai masyarakat.

SAHAM di buka pada pukul 10.00 di taman rumput FE UNY oleh ketua panitia, Luqman faqihuddin. Dilanjutkan dengan perjalanan menuju lokasi sekitar pukul 10.30. Sesampainya di lokasi, perserta dipersilahkan untuk beristirahat sejenak sambil menungu waktu sholat dhuhur. Tepat pukul 13.00 peserta diajak ke aula SMP IT Nurul Islam untuk mengikuti materi yang pertama yaitu mengenai akidah yang dibersamai oleh ustad Dwi Budiyanto. Sedangkan materi yang ke dua dari Agung baskoro, S.IP yang menyampaikan tentang kepemudaan.

Setelah mengikuti materi ke tiga yang disampaikan oleh zahwan Andri S.Psi mengenai syumuliatul islam, kekreativitasan peserta SAHAM dalam acara Malam Pentas seni. Ada yang menampilkan drama, nasyid, tilawatil qur’an, puisi bahkan ada yang komedi. Namun tidak hanya sampai disitu saja, panitia juga tidak mau kalah untuk menampilkan lagu yang di populerkan cherribelle, Beautiful namun dengan versi ngapak dan juga taujih rabbani mengenai keutamaan membaca surat Al-mulk sebelum tidur.

Setelah berolah raga pada pagi harinya, tiba saatnya peserta mengikuti outbond. Kali ini peserta akan berjalan mengikuti jalur yang telah ditentukan dan juga akan melakukan game. Pos yang pertama adalah pos pertahanan diri, yaitu lomba memecahkan balon di kaki. Peserta diajak untuk saling berkompetisi mempertahankan balon yang dimilikinya agar tidak pecah. Setelah mereka melewati pos yang kedua yaitu pos “Lindungi Aku”, melindungi temannya dari lemparan bola, peserta harus menyusuri sungai dan diakiri dengan foto-foto di kandang sapi. Diakhir penjalanan mereka melakukan repling, pesertai di uji keberaniannya untuk menuruni dinding jembatan dengan ketinggian lebih dari 20 meter diatas permulkaan sungai. Menurut salah seorang peserta, Dibyo Waskito dari jurusan pendidikan ekonomi mengatakan benar-benar senang mengikuti SAHAM dan kegiatan ini benar-benar sangat menarik dan bermanfaat. Banyak pengetahuan dan motivasi untuk kedepan dan yang terpenting adalah menambah teman baru dan pengalaman baru. (May)