Sri Nuryanto Mahasiswa FE UNY Raih Juara III LKTI Tingkat Nasional Di UMM

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) meraih Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional yang selenggarakan oleh Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar dalam rangka memperingati MILAD Universitas Muhammadiyah Makassar (UMM) yang ke-49 dengan tema “Membangun Generasi Muda Bangsa Berbasis Pendidikan Karakter”. Kompetisi ilmiah ini diselenggarakan pada tanggal 18 september sampai dengan tanggal 20 september 2012 di Universitas Muhammadiyah Makassar. Tim ini terdiri yaitu Sri Nuryanto selaku sebagai ketua kelompok yang sekaligus mewakili dari Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Komunitas Riset dan Penalaran (KRISTAL) FE UNY dari Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY dan 2 mahasiswa dari FT UNY yaitu Yusron Mubarok dan FMIPA UNY yaitu Arif Yoga Pratama. Karya Tulis Ilmiah ini dibimbing oleh dosen pendamping yaitu Adeng Pustikaningsih SE, M.Si dari Jurusan Pendidikan Akuntansi FE UNY. Tim ini menyajikan karya nya dengan judul “Upaya Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Melalui SmartPreneur Mobile Application Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Untuk Siswa SMK Kelas X”.

Kompetisi karya ilmiah ini diikuti oleh 15 kelompok yang terdiri dari universitas negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Adapun Universitas tersebut terdiri dari 7 tim dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 2 tim dari Universitas Brawijaya Malang, 2 tim dari Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jambi, Universitas Negeri semarang (UNNES), Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Nuryanto selaku ketua dari tim karya tulis ini menjelaskan bahwa program aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan dengan menggunakan handphone saja akan tetapi dapat juga dijalankan pada komputer dengan cara mendownload sebuah Emulator (Youwave, Android SDK, dan Android Virtual Device (AVD) Manager). Aplikasi SmartPreneur ini dibuat melalui sebuah program App Inventor yang telah disediakan oleh Google Corporation dan ditujukan bagi para pengembang (developer) aplikasi berbasis android. SmartPreneur Mobile Application Berbasis Android ini sangat tepat digunakan dalam media pembelajaran siswa khususnya untuk membentuk nilai karakter pada siswa, karena dapat memudahkan siswa dalam menyerap materi pembelajaran secara kreatif, inovatif dan menyenangkan. Selain itu nilai karakter melalui media pembelajaran SmartPreneur mobile application berbasis android ini dapat membentuk karakter seseorang yaitu kemandirian artinya ketika siswa memiliki aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar mandiri yaitu sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa kapanpun dan dimanapun ketika siswa itu membutuhkannya.

Selanjutnya aplikasi ini juga sebagai salah satu media belajar mandiri yang dapat digunakan sebagai sarana salah satu contoh untuk menumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan siswa. Yaitu Apabila Aplikasi yang dikembangkan oleh guru dapat dimodifikasi oleh siswa untuk berbagai topik atau materi yang dipelajari di sekolah, media hasil pengembangan dapat digunakan sebagai sarana berwirausaha. Adapun bentuk usahanya adalah melalui sistem download prabayar yang harus dilakukan oleh pemakai media tersebut. Semakin banyak pengunduh aplikasi media tersebut maka profit/laba yang diperoleh pengembang media (siswa) akan semakin besar. Cara inovatif inilah yang dapat dilakukan oleh guru dalam menanamkan karakter mandiri sekaligus melatih jiwa entrepreneurship pada siswa khususnya pada siswa SMK kelas X pada mata pelajaran Kewirausahaan. Tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini yaitu harapannya para siswa dapat menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui SmartPreneur Mobile Application berbasis Android pada Mata Pelajaran Kewirausahaan yang harapannya akan dapat memberikan nilai karakter kemandirian yang kuat dan tangguh kepada para siswa dalam hal pengetahuan dan keterampilan yang memadai, serta melatih jiwa berwirausaha yang mampu menghadapi persaingan global di era sekarang ini. (Nur)