SMK N 1 Tempel Raih Juara I LKAP HIMA P. Administrasi Perkantoran FE UNY

Sabtu, 22 September 2012 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (HIMA ADP) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) mengadakan Lomba Kompetensi Administrasi Perkantoran (LKAP) untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) program keahlian Administrasi Perkantoran tingkat DIY-Jateng. Kegiatan LKAP dibuka oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Administrasi Perkantoran Joko Kumoro, M.Si di Auditorium FE UNY. Dalam sambutanya, Joko mengucapkan selamat datang di FE UNY yang merupakan Fakultas baru bagi program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran (P. ADP) dikarenakan Jurusan Pendidikan Administrasi dengan prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1) dan Sekretari (D3) yang dahulunya bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial UNY sekarang mulai per 2 September 2012 bergabung di FE UNY. Acara dihadiri Wakil Dekan III FE UNY, Dosen dan Mahasiswa P. ADP.

LKAP merupakan program kerja HIMA ADP UNY yang rutin dilaksanakan dua tahun sekali. LKAP tahun ini diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari sekolah yang berdomisili di DIY dan Jateng. Jumlah peserta LKAP tahun ini mengalami peningkatan dari LKAP sebelumnya. Menurut ketua panitia LKAP Linda Nurcahyanti, kegiatan ini bertujuan untuk membangun generasi yang kompeten di bidang administrasi perkantoran dan untuk menjaga eksistensi administrasi perkantoran di ranah publik. Kompetensi yang menjadi penilaian di LKAP tahun ini adalah kemampuan peserta dalam hal kecepatan dan ketepatan mengetik, handling telephone, english presentation dan melakukan surat menyurat (korespondensi).

Sri Lestari S.Pd, guru pendamping dari SMK Insan Cendekia Turi mengaku antusias mengikuti kegiatan ini. Pasalnya dengan kegiatan seperti ini akan menambah ilmu, wawasan dan pengalaman bagi pesertanya. “ Saya berharap LKAP akan tetap diadakan di tahun-tahun berikutnya” imbuhnya.

Serangkaian kegiatan LKAP berakhir pada pukul 16.30. Kegiatan ditutup dengan pemberian piala oleh Wakil Dekan III FE UNY, Siswanto, M.Pd. SMK N 1 Tempel berhasil merebut juara I, disusul oleh SMK N 1 Godean dan SMK N 1 Wonosari yang mendapatkan juara II dan juara III.

Anggita Septiani, peserta dari SMK 2 Magelang mengaku senang mengikuti LKAP. “Saya agak tegang karena ini adalah pengalaman pertama saya, walaupun saya tidaka juara tapi saya senang karena dengan ikut lomba ini saya jadi bisa belajar buat Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) besok” paparnya. (Wahyu & Isti)