SMA Global Madani Bertandang ke FE UNY

Sebanyak 90 siswa-siswi beserta 10 guru pendamping SMA Global Madani Lampung mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Senin (9/1) kemarin. Rombongan yang dipimpin oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Irayanti, S.Pd.Si. ini bermaksud untuk mengenalkan para siswa dengan dunia perkuliahan yang sesungguhnya. Selain itu, diharapkan para siswa bisa mendapatkan info yang bermanfaat untuk digunakan sebagai motivasi melanjutkan studi selepas lulus kelak. Rombongan diterima Dekan Dr. Sugiharsono, M.Si., Wakil Dekan II Nurhadi, M.M., Wakil Dekan III Isroah, M.Si., serta Kepala Divisi Humas FE UNY, Lina Nur Hidayati, M.M.

Irayanti mengatakan, kunjungan ini akan bermanfaat bagi para siswa. “Mumpung masih kelas 11, masih ada waktu bagi para siswa untuk menyiapkan dirinya,” ucapnya. Sugiharsono menjelaskan bahwa FE UNY menjadi salah satu fakultas favorit dengan jumlah pendaftar yang mencapai ribuan. “Terutama pada prodi Manajemen dan Akuntansi. Dengan daya tampung hanya 80, tiap tahun selalu mendapatkan lebih dari lima ribu pendaftar,” tukas Sugiharsono.

Sementara itu, Lina menyampaikan bahwa ada beberapa jalur untuk menjadi mahasiswa UNY. “Yang pertama adalah jalur SNMPTN yang menggunakan nilai rapot dan prestasi, minimal adalah 30 % dari daya tampung. Yang kedua adalah SBMPTN berupa tes tertulis yang dilaksanakan secara bersama-sama dan menerima minimal 30 % daya tampung. Yang terakhir adalah Seleksi Mandiri di mana maksimal 30 % bisa diterima,” terangnya.

“Seleksi Mandiri yang hanya dilaksanakan oleh panitia lokal UNY ini juga terdiri dari dua jalur, yaitu jalur tes tertulis dan jalur prestasi. Prestasi di tingkat nasional dan provinsi akan menjadi nilai tambah dalam menerima seseorang mahasiswa. Oleh karena itu, baik akademik maupun non akademik, terus kembangkan kemampuan diri Anda,” tambah Lina. (fadhli)