Segudang Inspirasi dari Seminar Kemuslimahan Al-Fatih FE UNY

Seminar

Sabtu (11/10) kemarin, Unit Kegiatan Mahasiswa tingkat Fakultas (UKMF) KM Al-Fatih Fakultas Ekonomi (FE) UNY 2014 bekerjasama dengan Keluarga Muslim al-Hidayah (KMH) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNY telah sukses menyelenggarakan Seminar Kemuslimahan dengan menghadirkan sekitar 160 peserta dari 14 universitas yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, bertempat di Gedung Kantor Pusat Layanan Terpadu (KPLT) lantai 3 Fakultas Teknik (FT) UNY. Acara ini mengundang antusiasme yang cukup tinggi dari para mahasiswi muslim Yogyakarta karena keempat pembicara yang inspiratif dan mahir di bidangnya. Keempat pembicara tersebut adalah Ledia Hanifa Amaliah, S.Si,. M.Psi, T. (Wakil Ketua Komisi VII DPR RI 2014) untuk tema “Eksistensi Muslimah di Kancah Nasional”, Hekso Wahyuningsurya (Pengusaha, owner Selma Muslim Clothes, Owner Heksana, Owner Zaqiya Fashion) membawakan tema “Menjadi Muslimah Mandiri Cerdas Berwirausaha”, Sinta Yudisia (Ketua Umum Forum Lingkar Pena Indonesia 2014) yang membahas “Muslimah Inspiratif Cerdas Menulis”, dan Dwinita Mulyani, A.Md, Keb. (Ahli Reproduksi Remaja) mengangkat masalah “Kesehatan Reproduksi Wanita”.

Seminar pertama dibuka dengan tema kesehatan. Dwinita menjelaskan tentang Rumah Pelangi, dan kegiatan keseharian beliau sebagai seorang bidan yang berpengalaman menangani berbagai kasus reproduksi wanita. “Dari rahim kita akan lahir generasi-generasi yang diharapkan, maka begitu penting menjaga kesehatan reproduksi para calon ibu yang ada di sini,” ujarnya.

Ledia Hanifa yang baru saja mendarat dari Jakarta mengatakan bahwa acara-acara seminar kemuslimahan semacam ini sudah ada sejak masanya dulu kuliah, “Namun yang terpenting adalah bagaimana kita menjadikan momen ini sebagai pemacu kita untuk termotivasi menjadi sosok wanita muslimah yang lebih baik daripada yang disampaikan oleh para pembicara yang kini dihadirkan.” Ledia juga menjelaskan, sejak SMP dirinya memang seringkali ditempatkan pada posisi yang berpengaruh, hingga kini berkiprah di dunia politik pun menjadi pilihannya.

Begitupun dengan Hekso Wahyuningsurya, sang entrepreneur muslimah yang menjelaskan, “Bisnis sudah menjadi passion saya, tentukan passion kalian”. Seorang pengusaha sukses dengan  identitasnya sebagai Muslimah ini mengundang decak kagum hadirin yang menyimak perjalanan usahanya; pengalaman rugi, ditipu, dan melalui berbagai godaan. Hekso juga menjelaskan tentang bagaimana anjuran Rasulullah dalam berbisnis.

Narasumber pada sesi terakhir adalah seorang pembicara yang datang jauh dari Surabaya. Pembicara tersebut, Sinta Yudisia Wisudanti, banyak dinanti para mahasiswi yang gemar menulis dan membaca berbagai karya sastra. Siapa yang tak kagum padanya. Sosok ini memiliki rentetan prestasi kepenulisan sejak SMP. Sinta juga telah melahirkan sebanyak 47 judul buku inspiratif. Luar biasa! “Menulislah, meski kegiatanmu padat sekalipun. Dan ketahuilah bahwa semua benda di alam semesta ini mengeluarkan energi, dan mulailah menulismu dengan menyebut Asma-Nya. InsyaAllah berkah, insyaAllah dimudahkan,” pesannya.

Fitria Widaswari (Mas’ulah Al-Fatih FE UNY 2014) mengatakan bahwa agenda Seminar Kemuslimahan Al-Fatih FE ini rutin diadakan setiap tahunnya, sejak tahun pertama Al-Fatih berdiri, 2011. Pembicara utama di 2011 lalu adalah Oki Setiana Dewi, dan untuk tahun 2013 di antaranya adalah Birrul Qodriyah (Mahasiswa Berprestasi UGM 2013) dan Meita Wulansari (Mapres UNY 2013).

“Pembicaranya keren-keren. Besok lagi undang semua dosen perempuan,” jawab Mimin Nur Aisyah, M.Sc., Ak. selaku dosen dan mewakili pembina Al-Fatih ketika ditanya tentang evaluasi acara. (Tia)