RUEJAM “Rumah Energi Jamur Tiram” Raih Juara I Lomba Business Plan di UNAIR

Tim delegasi Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari Mahasiswa Prodi Kimia FMIPA Arry Darmawan, Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika FT Anang Prasetyo dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi FE Riqi Astuti berhasil meraih Juara I Lomba Business Plan “Challenge for Sharia Business Plan (SACH-BP)” di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (UNAIR) belum lama ini. Dalam lomba ini Tim UNY mengembangkan Rumah Energi Jamur Tiram disingkat RUEJAM sebagai Sistem Budidaya Jamur Tiram untuk Mendukung Usaha Berbasis Technopreneurship. Jenis bisnis yang akan digerakkan dalam usaha ini adalah bisnis yang langsung ditujukan pada konsumen. Kategori bisnis yang akan dijalankan adalah penawaran produk berupa jamur tiram, produk ini hasil dari sebuah inovasi alat budidaya RUEJAM, dimana produk ini akan mudah diproduksi dengan sistem RUEJAM, karena memiliki jumlah kapasitas produksi yang melimpah dan sangat mudah untuk dipasarkan, demikian ucap Riqi Astuti.

Sementara Arry mengatakan, Di Indonesia jamur tiram merupakan komoditi yang mempunyai prospek sangat baik untuk dikembangkan, baik untuk mencukupi pasaran dalam negeri yang terus meningkat maupun untuk ekspor, sebab masyarakat sudah mulai mengerti nilai gizi jamur tiram putih. Di dalam pemeliharaan atau budidaya jamur tiram juga terdapat kendala yang kadang bagi orang yang baru pertama memelihara jamur tiram ini masih sulit untuk mencari solusinya, seperti halnya jamur tiram yang tidak tumbuh optimal dapat disebabkan oleh cuaca di sekitar tempat pemeliharaan jamur tiram.

Lanjut Anang, satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan teknologi RUEJAM. Teknologi ini berguna untuk meningkatkan kemudahan dalam budidaya produksi jamur tiram dengan penyiraman otomatis dan kemandirian energi yang dihasilkan dari panel surya.

Dalam program ini, analisis yang dilakukan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities and Threats) yang menggambarkan secara umum tentang masyarakat dan usaha yang akan dilaksanakan. Sebagai usaha yang bergerak produksi, segmentasi pasar dalam usaha jamur sistem RUEJAM berupa segmentasi geografi, masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Target pasar berikutnya adalah perusahaan agribisnis terutama dalam hal ekspor, yang memang membutuhkan jamur tiram dalam jumlah banyak. Pesaing dalam perusahaan yang akan dikembangkan ini adalah perusahaan agribisnis yang sama-sama bergerak dalam bidang pertanian terutama jamur tiram. Resiko dalam usaha ini dapat berasal dari segi interal dan eksternal perusahaan. Segi internal perusahan yakni dari pengelolaan usaha dan sumber daya yang dimiliki, sedangkan segi eksternal dapat berasal dari supplier, konsumen maupun pesaing, pungkasnya. (Isti)