Prestasi Bisa Jadi Tiket Masuk Perguruan Tinggi

Sebanyak 137 siswa beserta 12 guru pendamping dari SMK Muhammadiyah Bobotsari Purbalingga mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Selasa (20/10) lalu. Dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah Toto Widiarto, S.Pd., pihak sekolah bermaksud untuk mengenal lebih jauh dunia kampus terutama di UNY. Pihak sekolah diterima oleh Wakil Dekan III FE UNY, Siswanto, M.Pd di ruang Auditorium FE UNY. Dengan adanya kunjungan ini, para siswa diharapkan bisa mendapatkan informasi yang memadai mengenai dunia perkuliahan sehingga timbul motivasi untuk melanjutkan studi selepas lulus SMK.

“Orientasi kebanyakan siswa SMK, setelah lulus langsung ingin bekerja. Tetapi akhir-akhir ini mulai timbul minat pada para siswa untuk melanjutkan hingga perguruan tinggi,” terang Toto.

“Kebanyakan siswa berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah. Oleh karena itu, mereka harus bisa mengambil momen dan kesempatan yang diberikan pemerintah melalui jalur bidik misi,” tambah Toto.

Para siswa yang didominasi putri tampak antusias memberikan pertanyaan seputar beasiswa, fasilitas, dan proses penerimaan mahasiswa baru. Siswanto menjelaskan bahwa pada saat ini tidak ada alasan untuk tidak berkuliah.

“Memang ada wacana pengurangan alokasi anggaran negara untuk pendidikan, tetapi jangan menyurutkan niat untuk kuliah. Beasiswa Bidik Misi dan juga dari berbagai bank masih terus mengalir. Prestasi apapun, baik akademik maupun non akademik akan sangat berarti. FE UNY memiliki mahasiswa yang juga menorehkan prestasi di bidang olahraga internasional. Jadi, jangan hentikan minat kalian di bidang khusus. Asah terus, karena bisa jadi itu tiket masuk kalian untuk mendapatkan kursi di kampus UNY melalui jalur prestasi,” urai Siswanto. (fadhli)