Pentingnya Kemitraan Untuk Hadirkan Pendidikan Berkualitas

Perkembangan teknologi dewasa ini menuntut semua lini kehidupan juga harus mengikuti, tak terkecuali dunia pendidikan. Institusi pendidikan dituntut untuk menyiapkan lulusan yang siap menghadapi tuntutan kemajuan di masa depan. Demikian disampaikan Prof. Dr. Agus Rahayu dalam orasi ilmiahnya secara virtual pada Upacara Dies Natalis ke-10 Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Selasa (22/6) lalu.

Guru besar yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Universitas Pendidikan Indonesia ini melanjutkan, di tengah pandemi yang masih terus berlangsung, perguruan tinggi nasional juga harus menghadapi tantangan dari berbagai hal seperti pemeringkatan, revolusi industri dan masyarakat 5.0, serta kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

Di samping itu, perguruan tinggi tak boleh lupa dengan komunitas/masyarakat profesi maupun ilmu. Berbagai asosiasi profesi, ilmu, dan secara khusus juga masyarakat ekonomi, menjadi salah satu sarana perguruan tinggi dalam berkolaborasi maupun komunikasi mengarungi perkembangan di bidang masing-masing.

"Hal ini untuk membentuk ekosistem kemitraan strategis antara perguruan tinggi, perguruan tinggi lain, industri, pemerintah, masyarakat profesi/organisasi nonprofit, lembaga keuangan, dan/atau elemen lainnya dalam merespon tantangan lingkungan dan persaingan," jelasnya.

FE UNY yang kini telah berusia sepuluh tahun pun terus berupaya mengembangkan diri. Mengamini pernyataan guru besar UPI tersebut, Dekan FE UNY Dr. Siswanto, M.Pd. menyatakan FE UNY menjadikan berbagai variabel yang ada pada Indikator Kinerja Utama (IKU), penilaian pemeringkatan nasional, dan QS sebagai rujukan kinerja. Hal ini selaras dengan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas.

Upacara Dies Natalis ke-10 FE UNY mengambil tema "Optimalisasi Peran Pendidikan dan Bisnis dalam Pembangunan Ekonomi Kerakyatan Menyongsong Era Masyarakat 5.0". Upacara yang dibuka secara virtual oleh Ketua Senat FE UNY Prof. Suyanto, Ph.D. ini dihadiri oleh para dosen, tendik, dan perwakilan mahasiswa di ruang pertemuan virtual Zoom. (fadhli)