Pemantapan II PKM 2012 di FE UNY

Setelah pada Februari kemarin diumumkan proposal-proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diterima dari Fakultas Ekonomi UNY, pada Jumat (26/4) kemarin dilangsungkan Pemantapan Tahap II PKM 2012 yang didanai 2013 di Auditorium. Acara ini dipadati sekitar 70 mahasiswa dan dosen pembimbing. Dengan moderator Penny Rahmawati, M.Si., dosen Jurusan Manajemen di FE UNY, pelatihan kali itu menghadirkan Hermanto, M.Pd., dosen Fakultas Ilmu Pendidikan UNY sekaligus salah satu Juri PIMNas, serta Aran Handoko, M.Sn., dosen Fakultas Bahasa dan Seni UNY yang juga dosen pembimbing poster PIMNas. Sementara itu, Siswanto, M.Pd., Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan memberikan sambutannya dan sekaligus membuka acara mewakili Dekan FE.

Pada sesi pertama, Hermanto mengingatkan kepada para kelompok bahwa waktu terus berjalan semenjak pengumuman Februari lalu. Oleh karena itu, mereka harus segera menampakkan kemajuan yang konkret, terutama pada waktunya MONEV (Monitoring Evaluasi) digelar. “Yang ditonjolkan pada saat MONEV adalah bukti-bukti kemajuan karya mahasiswa, bukan pada kemampuan retorikanya,” paparnya.

Sementara itu, Aran Handoko banyak menyoroti aspek-aspek visual dan verbal poster yang biasanya dipertandingkan di PKM. “Belum tentu desain poster yang menarik bisa memenangi kategori poster kalau tidak bisa menyeimbangkan aspek visual dan verbalnya,” jelas dosen jebolan Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta ini. Diungkapkannya, beberapa ciri poster yang baik antara lain, menyatakan pesan secara efektif dan mudah, menarik perhatian, tipografi/keterbacaan yang baik, dan penggunaan warna yang sesuai konten. (fadhli)