Pelepasan Lulusan FE UNY Mei 2015: Atik Jadi Lulusan Terbaik

Pelepasan lulusan FE UNY periode wisuda Mei 2015 menetapkan Atik Fajaryani, dari Prodi Akuntansi sebagai peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dengan skor 3,88. Gadis asal Pajangan, Bantul ini berhasil menyelesaikan masa studi selama 3,6 tahun. Dalam kesempatan tersebut, Atik menyampaikan rasa bahagia sekaligus bangga bisa menjadi peraih IPK tertinggi di FE UNY. Meskipun berasal dari keluarga yang sederhana, dan menjadi penerima Bidik Misi, Atik mampu menunjukkan motivasi yang tinggi. Bahkan, beasiswa Bidik Misi yang didapatkannya menjadi berkah tersendiri karena menjadi lulusan terbaik di FE UNY. Atik sendiri merupakan siswa peraih nilai UAN SMK tertinggi se-Indonesia pada 2011 lalu.

Acara Pelepasan Lulusan FE UNY yang digelar pada Selasa, 2 Juni 2015 di Auditorium FE UNY tersebut dihadiri kurang lebih 260 calon wisudawan dari FE UNY beserta orang tua/wali. Dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan III FE UNY, Siswanto menjelaskan bahwa dari 131 lulusan, “Untuk program S1 rata-rata IPK yang berhasil diraih lulusan FE UNY sebesar 3,38, dengan IPK tertinggi 3,88. Sedangkan untuk program studi D3 rata-rata IPK sebesar 3,42 dengan IPK tertinggi 3,67,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi peraih IPK tertinggi setiap jurusan. Lina Widyawati dari Prodi Pendidikan Akuntansi meraih IPK 3,81, Silvia Margaret dari Prodi Pendidikan Ekonomi meraih IPK 3,67, Fais Apriliani dari Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran meraih IPK 3,44, Novita Sari dari Prodi Manajemen meraih IPK 3,83, dan Atik Fajaryani dari Prodi Akuntansi meraih IPK 3,88. Sedangkan dari Program Studi D3 IPK tertinggi diraih Siti Hapsoh dari Prodi Akuntansi dengan IPK 3,67 dan Kiki Septiana Susanti dari Prodi Administrasi Perkantoran meraih IPK 3,4.

Mewakili orang tua dan wali, Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd menjelaskan bahwa para orang tua berterima kasih kepada segenap dosen dan karyawan di FE UNY yang telah membantu selesainya studi anak-anak mereka. “Kami yakin, dengan jargon FE BRIGHT, yang merupakan singkatan dari Bermoral, Rasional, memiliki Integritas, Gigih, Humanis, dan Taqwa, FE UNY bisa membantu anak-anak kami menemukan karakter yang diperlukan baik bagi dunia kerjanya maupun masyarakat secara luas,” terangnya.

Sementara dalam sambutannya, Dekan FE UNY, Dr. Sugiharsono, M.Si menyampaikan bahwa indeks prestasi yang tinggi bukan merupakan jaminan untuk sukses. “Sukses akan didapatkan ketika kemampuan akademis diimbangi dengan karakter atau kepribadian. Sehingga, jadilah pribadi yang menarik dan menjadi manusia wajib. Artinya kehadiran kita dinantikan oleh semua orang,” jelas Sugiharsono. Untuk mencari kerja diperlukan kepribadian yang baik sehingga Dekan mengharapkan lulusan FE UNY memiliki integritas baik dan kemampuan akademis yang baik pula.

Dalam suasana tersebut, sebanyak 10 orang mahasiswa FE UNY juga diberikan piagam penghargaan sebagai apresiasi atas prestasi mereka baik di tingkat provinsi, maupun nasional. Di antaranya adalah Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Coastal Planning Planopolis di Surabaya dan Juara I Festival ABITA (Aku Bangga Indonesia Tanah Air 2015 di Semarang. (fadhli)