Pelatihan PKM 5 Bidang FE UNY: Percikkan Kreativitasmu!

Seseorang yang sukses jauh lebih sedikit jumlahnya di dunia ini. Ini disebabkan cara yang mereka tempuh memang sulit, dan hanya sedikit yang mau mengambilnya. Kebanyakan orang hanya mau berada di zona nyaman tanpa mau mencoba berpikir out of the box. Sebagai agent of change, mahasiswa harus mau berubah (change) agar mereka bisa menciptakan kesempatan (chance). Demikian petuah semangat yang disampaikan oleh Rachmat Nurcahyo, S.S., M.A. kepada sekitar 190 mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengikuti acara Pelatihan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 5 Bidang Tahun 2013, di Ruang Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) Sabtu siang (9/3).

Dalam pelatihan tersebut, Rachmat Nurcahyo banyak menguraikan contoh-contoh PKM yang sukses disertai dengan analisis faktor-faktor yang membuat suatu proposal PKM diterima atau ditolak. Dimoderatori Adeng Pustikaningsih, S.E., M.Si., dosen Pendidikan Akuntansi FE UNY, Rachmat menghujani para mahasiswa dengan motivasi dan semangat agar bisa menghasilkan ide dan gagasan untuk dilibatkan dalam PKM 2013. Menurut Rachmat yang juga dosen di Fakultas Bahasa dan Seni UNY ini, saat ini dibutuhkan mental yang peka, kritis, dan kreatif dalam menghadapi suatu permasalahan di masyarakat., dan program PKM menjadi ajang bagi mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat secara kreatif. Pelatihan PKM 5 Bidang tahun 2013 ini terdiri dari PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian pada Masyarakat), PKM-T (Teknologi), dan PKM-KC (Karya Cipta) yang didanai DIKTI.

Selain Rachmat Nurcahyo, hadir pula Muhamad Ridwan, mahasiswa jurusan PGSD UNY angkatan 2009 yang berprestasi di bidang PKM dan baru saja mendapatkan medali emas di ajang PIMNAS 2012 di UMY beberapa waktu lalu. Di hadapan mahasiswa FE, Ridwan menuturkan pengalamannya memenangi PIMNAS 2012 serta berbagi trik agar suatu proposal PKM bisa diterima DIKTI. “Jangan pernah minder dan mundur pada langkah pertama, serta seringlah berdiskusi dengan teman sekelompok dan berkonsultasi dengan dosen pembimbing, karena itu juga merupakan esensi dari PKM,” demikian pesan mahasiswa yang proposal PKM tahun 2013-nya ini kembali lolos untuk didanai DIKTI.

Pelatihan PKM 5 Bidang ini dibuka oleh Siswanto, M.Pd., Wakil Dekan III FE Bidang Kemahasiswaan, dan kemudian ditutup dengan diskusi per kelompok untuk memfasilitasi ide dan gagasan yang dimiliki setiap peserta. Harapannya, para peserta bisa membawa pulang motivasi tinggi untuk berkarya dengan satu buah judul yang akan disusunnya menjadi proposal PKM 2013 nanti. (fadhli)