Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan pada Koperasi  “Seruni Putih” Perempuan Pengrajin Jamu Dusun Kiringan

Sebanyak dua puluh lima orang masyarakat Dusun Kiringan, Desa Canden, Jetis, Bantul yang bekerja sebagai pengrajin jamu mengikuti rangkaian acara pelatihan pengelolaan keuangan bagi UMKM pada Ahad (18/8) lalu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi (FE) UNY yang diketuai oleh Prof. Dr. Nahiyah Jaidi Faraz, M.Pd. dan beranggotakan Patriani Wahyu Dewanti, M.Acc., Eka Ary Wibawa, M.Pd., Musaroh, M.Si., dan dibantu oleh mahasiswa yaitu Muhammad Abdurrahman Mukhlis dan Nalendra Lantip Anggraita.

Pelatihan diawali dengan kegiatan pendahuluan yang dilakukan oleh Prof. Dr. Nahiyah Jaidi Faraz, M.Pd dan  Eka Ary Wibawa, S.Pd., M.Pd. yang membicarakan mengenai konsep kegiatan pelatihan yang akan dilakukan. Program pelatihan yang ditawarkan berupa pelatihan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan. Akuntansi yang diajarkan adalah akuntansi sederhana yang disesuaikan dengan keadaan di Koperasi Seruni Putih namun tidak menyimpang dari standar dan peraturan yang ada. Kegiatan tersebut disambut antusias oleh para pengrajin jamu Dusun Kiringan yang didominasi ibu-ibu. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya atau meminta arahan terkait dengan penyusunan laporan keuangan.

Kegiatan PPM ini memberikan pemahaman dan keterampilan bagi pengurus Koperasi Seruni Putih dalam menyusun laporan keuangan koperasi. Ibu-ibu pengurus dalam penyusunan laporan keuangan tersebut dibantu oleh beberapa pemuda Dusun Kiringan. Setiap akhir tahun laporan keuangan koperasi tersebut diperiksa oleh Dinas Koperasi, UKM, dan Perindustrian Kabupaten Bantul. Kegiatan PPM ini terus berlangsung sampai saat ini di mana tim pengabdi melakukan pendampingan secara daring melalui Grup WA dan email. (eka/mukhlis)