Minta Maaf, Obat Depresi Paling Manjur

Sebanyak lebih dari 200 hadirin yang terdiri dari dosen, karyawan, perwakilan mahasiswa, para purna karya, serta tamu undangan memadati ruangan Auditorium Fakultas Ekonomi (FE) UNY dalam acara Syawalan FE UNY 1437 H, Jumat (22/7) lalu. Acara tersebut selain sebagai sarana pembinaan rohani bagi segenap civitas akademika, juga sekaligus memberikan santunan kepada 16 dhuafa penerima. Dalam Syawalan yang dibuka oleh Wakil Rektor II UNY, Dr. Edi Purwanto, M.Pd. ini, tampil sebagai pemateri Drs. H. Sunardi Syahuri.

Dalam sambutannya mewakili Rektor, Edi Purwanto mengatakan acara syawalan ini hendaknya tidak berhenti sebatas seremonial. “Dengan semangat yang dibawa bulan Syawal, semoga bisa meningkatkan pula produktivitas segenap civitas akademika, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa,” ucapnya.

“Syawalan menurut nabi itu puasa. Tetapi, dalam tradisi kita di Indonesia, syawalan identik dengan pesta dan makan-makan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melanjutkan puasa Ramadhan dengan puasa sunah 6 hari di bulan Syawal. Logikanya, sebulan saja kita mampu berpuasa, tentu yang enam hari lebih mudah,” terang Sunardi.

Ustadz yang juga suami pemilik bisnis ritel Pamella ini menambahkan, secara bahasa, syawwal artinya  irtifa’, atau meningkatkan. “Dalam konteks dunia kerja, prestasi, kehadiran, produktivitas, semua harus meningkat. Lebih tepat waktu, lebih menguasai pekerjaan, lebih bertanggung jawab, dan lain-lain,” lanjutnya.

Halal bihalal yang dibiasakan dalam tradisi Indonesia juga sebenarnya memiliki esensi yang baik. “Orang kalau sudah berbuat kesalahan akan berpotensi mengalami depresi. Salah satu obat mengatasi kondisi depresif yang paling manjur adalah meminta maaf. Bagi sebuah rumah tangga yang bahagia, memberi maaf harus menjadi bagian hidup kesehariannya. Antara suami dengan istri, antara orang tua dengan anak, antara kakak dengan adik, dan lain-lain,” pesan Sunardi.

Dalam kesempatan Syawalan ini pula, dua dosen FE menyampaikan sambutan pamitan haji. Dua orang dosen tersebut yakni Isroah, M.Si yang juga Wakil Dekan III FE UNY beserta suami, dan Mustofa, M.Sc., dosen dari Jurusan Pendidikan Ekonomi yang akan bergabung bersama kloter 26 dan 27. (fadhli)