Menyambut Ramadhan dengan Ilmu

Ramadhan tinggal hitungan hari. Segenap umat muslim bersiap menyambut. Tak ketinggalan Fakultas Ekonomi (FE) UNY. Jumat (5/7) lalu sebanyak sekitar 75 orang yang terdiri dari para dosen, karyawan, mahasiswa, serta para penerima bantuan ZIS menghadiri pengajian bertempat di ruang Ramah Tamah Gedung Dekanat FE UNY. Selain mengisi bekal sebelum memasuki bulan Ramadhan 1434 Hijriyah, pengajian juga menjadi sarana menyampaikan santunan kepada 10 penerima. Bertindak selaku pengisi adalah Ustadz Sulaiman Rasyid, S.T., alumnus UGM yang pernah menuntut ilmu Islami di Medan selama 9 tahun.

Dalam sambutannya, Dekan FE, Dr. Sugiharsono, M.Si. menyampaikan ulang sekelumit isi khotbah yang disampaikan pada Sholat Jumat siang sebelumnya. “Bagi orang yang memiliki hati tercerahkan, dia akan menyambut Ramadhan dengan senang hati, dan kemudian mengiringi dengan kesedihan di saat Ramadhan meninggalkannya, dan sebaliknya dengan hati yang tercela, yang menyambut dengan sedih tapi tersenyum senang penuh kelegaan di akhir Ramadhan. Termasuk yang manakah kita?” urainya.

Sementara itu, Sulaiman Rasyid menyampaikan fiqh seputar Ramadhan. Ada lima hal yang membatalkan puasa, empat di antaranya berkonsekuensi mengganti puasa tersebut di hari yang lain. Sedangkan untuk yang kelima, “konsekuensinya lebih berat. Dia harus membebaskan seorang budak, atau bila tak mampu, berpuasa dua bulan berturut-turut. Bila tak mampu, dia harus memberikan makan kepada 60 orang fakir miskin,” terangnya, setelah menyebutkan pembatal puasa kelima yang berupa contoh ketika seorang sahabat yang melakukan hubungan suami istri di siang hari bulan Ramadhan.

“Disunahkan untuk mengakhirkan sahur, dan menyegerakan berbuka. Dan waktu paling utama untuk sahur adalah 15 menit menjelang adzan shubuh, atau sekitar 50 bacaan ayat Alquran,” terangnya ustadz kelahiran Medan yang beristrikan alumnus Pendidikan Administrasi Perkantoran FE UNY ini.

Setelah pengajian, Wakil Dekan III, Siswanto, M.Pd., yang juga ketua Kegiatan Kerohanian FE UNY memberikan laporan seputar penyelenggaran ZIS di fakultas dilanjutkan acara pemberian santunan dan bingkisan kepada dhuafa’ oleh Wakil Dekan I, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M. (fadhli)