Menjelang Ramadhan, FE UNY Gelar Pengajian Rutin

Bulan Ramadhan dipilih oleh Allah untuk menurunkan satu hal yang istimewa yaitu Alquran yang salah satunya berfungsi sebagai petunjuk. Petunjuk adalah sesuatu yang istimewa, karena dengannya kita bisa melakukan suatu hal dengan baik, tidak tersesat, tidak sia-sia. Oleh karena keistimewaan Alquran, bulan Ramadhan pun diberikan predikat yang sama, bulan istimewa. Demikian salah satu hikmah yang disampaikan Ustadz Siswo Bowo Laksono dalam acara pengajian Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Minggu (22/5) lalu di kediaman Wakil Dekan III FE UNY, Isroah, M.Si. Pengajian ini dihadiri lebih dari 60 orang dosen, karyawan, dan mahasiswa di lingkungan FE UNY.

Siswo Bowo Laksono melanjutkan, aktivitas inti Ramadhan sebenarnya berpusat pada dua hal, yaitu puasa dan Alquran. “Oleh karena itu, Rasulullah senantiasa bertadarus bersama Malaikat Jibril di sepanjang hari-hari Ramadhan. Siang untuk berpuasa, dan malam untuk membaca Alquran,” tambahnya.

“Satu huruf Alquran yang dibaca dalam sholat, pahalanya jauh lebih besar daripada dibaca di luar sholat. Satu huruf yang dibaca dalam keadaan berwudhu juga berpahala lebih banyak daripada tidak berwudhu. Ramadhan adalah kesempatan yang Allah sediakan untuk memperbanyak pahala lewat tadarus Alquran,” kata Siswo Bowo melanjutkan.

Dalam sambutannya, Dekan Dr Sugiharsono menekankan pentingnya pembinaan rohani bagi segenap civitas akademika. “Kegiatan ini memang monosuko (sukarela). Oleh karena itu, tidak terlalu banyak yang meminati. Kami harap akan banyak pelajaran yang bisa dipetik dari materi yang ustadz sampaikan, dan bisa diimplementasikan melalui karya dalam aktivitas keseharian,” ucapnya. (fadhli)