MEMBANGUN GENERASI CERDAS KEUANGAN MELALUI LITERASI KEUANGAN

Peneliti Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY, dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY menyelenggarakan workshop literasi keuangan untuk guru Sekolah Dasar (SD) di Yoyakarta. Workshop yang diselenggarakan di ruang Aula Kantor OJK DIY ini diadakan dalam rangka implementasi model pembelajaran literasi keuangan berbasis significant learning untuk siswa SD. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan riset produktif – implementatif LPDP yang dilakukan oleh peneliti UNY yang terdiri dari Dr. Ratna Candra Sari, M.Si., Prof. Suyanto, Ph.D., Annisa Ratna Sari, M.Ed., Sariyatul Ilyana, dan Eka Legya Frannita, S.Pd.

Workshop literasi keuangan diadakan sebanyak tiga kali, yaitu pada Jum’at (9/10) untuk guru kelas satu dan dua, Jum’at (16/10) untuk guru kelas tiga dan empat, dan Jum’at (23/10) untuk guru kelas lima dan enam. Peserta workshop literasi keuangan adalah 250 guru sekolah dasar yang menjadi mitra riset, di antaranya adalah SD Muhammadiyah Sapen, SD Muhammadiyah Pakel, SD Muhammadiyah Jogokaryan, SD Muhammadiyah Kleco, SD Muhammadiyah Sokonandi, SD Muhammadiyah Gendeng, SD Muhammadiyah Kauman, SD Muhammadiyah Suronatan, SD Muhammadiyah Warungbata, SD Muhammadiyah Miliran, SD Muhammadiyah Wirobrajan, dan SD Muhammadiyah Sagan.

Penyampaian materi pada workshop ini disampaikan oleh Yunian Asih Andriarini (Bidang Edukasi OJK), Prof. Suyanto, Ph.D. (Peneliti), dan Dr. Ratna Candra Sari, M.Si. (Peneliti). Dalam workshop ini peserta diajak untuk mengubah paradigma berpikir tentang penggunaan dan pengelolaan uang. Selain itu, peserta diajak untuk melakukan pengelolaan finansial pribadi secara sederhana sehingga tercipta well literate. Harapannya, para guru dapat mengimplementasikan pembelajaran literasi keuangan di sekolah karena nilai-nilai dari literasi keuangan ini perlu diterapkan sejak dini.

Untuk kegiatan selanjutnya, SD mitra riset akan mengimplementasikan pembelajaran literasi keuangan di setiap kelasnya dan membangun lingkungan yang dapat mendukung pembelajaran literasi keuangan. Riset yang dilakukan oleh peneliti UNY ini diharapkan mampu meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia sehingga masyarakat mempunyai bekal untuk menjadi generasi economic citizen yang siap menghadapi ekonomi global. (Ilyana)