Mahasiswa Berprestasi FE Ikuti Sit-In di Filipina

Sebagai salah satu bentuk penghargaan, UNY memberangkatkan mahasiswa berprestasinya di tahun 2014 ini dalam program Sit-In di De La Salle University (DLSU), Filipina pada tanggal 2-13 Agustus 2014. Siti Maesyaroh, mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) yang pada tahun ini mendapat Juara 1 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) FE ini ikut dalam rombongan tersebut. Mahasiswa jurusan Manajemen angkatan 2011 tersebut mengikuti serangkaian acara di DLSU-Dasmarinas Filipina selama sepuluh hari. Setelah tiba kota Dasmarinas (3/8) pada malam hari,  pada pagi harinya May, begitu dia biasa disapa, diajak berkeliling sekitar kota Manila bersama Ms. Maria Grace. Selain Manila, May juga diperkenalkan dengan keindahan kota Tagaytay city dari berbagai sudut. Sekitar pukul 11.30 siang waktu setempat, dihadiri oleh Vice Chancellor for Mission: Dr. Myrna C. Fajardo-Ramos, Director of University Linkages Office: Mr. Nathaniel S. Golla, De La Salle University-Dasmarinas secara resmi menyambut kedatangan mahasiswa UNY yang saat itu didampingi oleh Dr.-Ing Satoto Endar Nayono, M.Eng., M.Sc yang merupakan Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY.

Selasa (5/8) dijadwalkan untuk mengikuti kelas pertama, namun karena ada peringatan badai taifun hari itu, pada pagi harinya kuliah diliburkan. May bersama dengan rombongan mahasiswa UNY lainnya akhirnya memutuskan untuk pergi ke Kedutaan Besar Indonesia di Manila bertemu dengan Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP., Atase Pendidikan KBRI Republik Indonesia.

Selain itu, rombongan juga mengikuti serangkaian kegiatan lain seperti pertukaran budaya melalui pentas seni, observasi pembelajaran di SD, kunjungan ke pusat rehalibitasi Bagau Pag Asa Director, perkuliahan di kelas, dan juga sharing bersama jajaran birokrasi setempat.

“Ini adalah pengalaman pertama saya keluar negeri, dan benar apa kata orang bahwa di belahan bumi lain masih sangat banyak yang perlu kita pelajari dan jelajahi. Semoga program ini benar-benar akan menambah pengetahuan, pengalaman dan juga rasa syukur kita atas kebesaran Tuhan,” tutur May di sela-sela aktivitas di Dasmarinas, Filipina. (fadhli)