Lulusan Terbaik FE UNY Periode Juni 2021, Kompak Sampai Lulus

Apa yang bisa terjadi kala dua orang yang bersahabat begitu kompak menjalani aktivitasnya? Ririn Susanti dan Nurul Rusmavita, dua wanita ini disatukan sejak semester pertama mereka berkuliah di FE UNY, tepatnya program studi Pend. Akuntansi S1, 2017 lalu. Jalinan persahabatan membawa mereka ke sederet tugas, rapat organisasi, hingga lomba-lomba di berbagai daerah.

Motivasi yang tinggi untuk berkuliah sudah mereka tunjukkan sejak sebelum menjadi mahasiswa. Nurul, lulusan SMK N 1 Depok, Sleman ini bahkan mendapatkan nilai 10 pada mata pelajaran Matematika di Ujian Nasional SMK. Sementara Ririn, meskipun sempat harus bekerja selama satu tahun selepas lulus SMK, tetapi pengalamannya saat ikut Lomba Cerdas Cermat Akuntansi (LCCA) serta pekerjaannya menjadi staf accounting membuat lulusan SMK N 1 Godean ini tetap termotivasi belajar mempersiapkan tes SBMPTN pada tahun berikutnya.

Keduanya memiliki tantangan yang sama kala ingin melanjutkan pendidikan, yaitu kondisi ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan. Ayah Ririn hanya seorang buruh tani, sedangkan ayah Nurul mencari nafkah sebagai seorang buruh bangunan. Kedua pasang orang tuanya sempat ragu anaknya bisa melanjutkan kuliah. Tapi berkat Bidikmisi, keduanya bisa diterima di Program Studi Pendidikan Akuntansi FE UNY.Nurul Rusmavita

Pertemuan Ririn dan Nurul di UNY sudah terjadi sebelum mereka menjadi mahasiswa di FE UNY. Kala masih duduk di bangku SMK, mereka beberapa kali dipertemukan dalam lomba bidang keahlian Akuntansi. Berada di satu kelas yang sama, keduanya kemudian menjalin persahabatan. Mereka sama-sama bergabung di kepengurusan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi (Hima Diksi).

Ririn mengisahkan, saat mereka menjadi panitia lomba di FE UNY, mereka mendapat info adanya lomba di kampus lain. Mereka pun mengikuti lomba di kampus itu sebagai satu tim dengan tujuan mempromosikan lomba yang mereka adakan sendiri kepada peserta lainnya di kampus tersebut. Sejak saat itu, setidaknya lima prestasi di lomba bidang akuntansi tingkat nasional berhasil mereka raih dalam kurun waktu hampir 3 tahun bekerjasama sebagai tim.

Kejutan mencuat di akhir masa studi saat mereka wisuda secara bersamaan pada periode Juni 2021, dengan perolehan yang sama persis, yakni 3,93. Menanggapi hal ini, baik Nurul dan Ririn mengaku terkejut. Ririn meyakini, prestasi ini tentu sudah Kehendak Yang Maha Kuasa. “Jika kita menemukan orang yang tepat  untuk berkolaborasi pada waktu yang tepat maka bisa saja akan membawa pada hasil yang tepat pula,” ujarnya.

Selamat dan sukses!