Lokakarya Pengembangan Kurikulum UNY Tahun 2014 dan Sosialisasi Riset-PPM On Line di FE UNY

suasana

Fakultas Ekonomi UNY mengadakan Lokakarya Pengembangan Kurikulum UNY Tahun 2014 dan Sosialisasi Riset-PPM On Line bagi Dosen FE UNY, di Ruang Auditorium FE UNY, Jumat (7/3).  Sebanyak 50 dosen dari jurusan Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Manajemen menghadiri acara tersebut beserta Kabag, Kasubag, dan jajaran dekanat FE. Lokakarya ini diselenggarakan untuk merampungkan penyusunan Kurikulum UNY Tahun 2014 yang berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta memberikan pengarahan kepada dosen mengenai prosedur administrasi penelitian dan Program Pengabdian pada Masyarakat yang dilakukan secara on line.

Mengisi sesi pertama mengenai Pengembangan Kurikulum, Wakil Dekan I, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M mengatakan, kurikulum ini akan digunakan oleh mahasiswa 2014/2015 mendatang. “Perkembangan ipteksor (ilmu pengetahuan, seni, dan olahraga), kebutuhan masyarakat, kemajuan zaman, dan kebijakan baru pemerintah menyebabkan kurikulum harus berubah,” tuturnya.

Kurikulum yang baru berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 8 Thn 2012, harus berpedoman pada KKNI. Dalam sambutannya, Dekan Dr. Sugiharsono, M.Si menjelaskan, “Warna Fakultas Ekonomi adalah ekonomi kerakyatan dan kewirausahaan. Ini yang menjadi ciri khas kita. Untuk selanjutnya, tiap prodi melakukan rapat kecil untuk menyempurnakan kurikulumnya,” tegasnya.

Sementara itu, terkait dengan Sosialisasi Riset-PPM secara on-line, Sugiharsono melanjutkan, UNY harus berusaha mengunggah lebih banyak lagi penelitian dan PPM sebagai salah satu cara meningkatkan peringkat Webometrics. “Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan dosen lebih aktif lagi mengunggah hasil penelitian dan PPM-nya yang imbasnya menaikkan peringkat webometrics UNY”, harapnya. Materi sosialisasi disampaikan Aam Abraham Siang, S.Si., staf Unit Pelayanan Teknis Pusat Komputer (UPT Puskom) UNY.  (fadhli)