Kunjungan SMA N 1 Nagrak Sukabumi ke FE UNY

Selasa siang itu (26/2) rombongan sejumlah 89 siswa dari SMA N 1 Nagrak Sukabumi beserta 3 guru dan 2 karyawan berkunjung ke Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Rombongan siswa kelas XI jurusan IPS yang dipimpin oleh M. Ruslan Munawan, S.Pd., M.M. diterima oleh Wakil Dekan I FE UNY, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd. di ruang Auditorium. Kunjungan ini diselenggarakan agar para siswa mendapat gambaran jelas tentang UNY, terkhusus Fakultas Ekonomi, sehingga mereka mendapatkan motivasi untuk memasukinya pada saatnya nanti. SMA N 1 Nagrak adalah SMA yang terletak di dekat daerah Cibadak, di Kabupaten Sukabumi, dan berdiri pada tahun 2003 sehingga berusia masih relatif muda. Namun demikian, SMA ini sudah bisa berprestasi melalui salah satu siswanya yang menjadi anggota Tim Nasional Sepakbola U-17 dan menjuarai ajang Hong Kong International Youth Football Invitation Tournament 2012 tahun lalu.

Dalam sambutan selamat datangnya, Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd. yang juga bertindak mewakili Dekan mengucapkan selamat datang kepada para rombongan. Dijelaskannya di awal pertemuan ini sekilas tentang Yogyakarta dan Perguruan Tinggi di dalamnya. “Yogyakarta memiliki 3 Perguruan Tinggi Negeri yang cukup besar, yaitu Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan jumlah total mahasiswa di ketiga universitas tersebut sekitar 93.000 orang,” jelasnya.

M. Ruslan Munawan, S.Pd., M.M. dalam sambutannya turut menyampaikan salam yang dititipkan Kepala Sekolah SMA N 1 Nagrak kepada seluruh civitas akademika FE UNY dan menyatakan rasa terima kasihnya karena segenap rombongan telah disambut dengan hangat dan terbuka oleh pihak Fakultas Ekonomi UNY. Ruslan berharap agar para siswanya benar-benar memanfaatkan momen silaturrahmi ini untuk mencari info sebanyak-banyaknya tentang UNY. Pada kunjungan kali ini, SMA N 1 Nagrak mengantarkan 62 siswa kelas IX jurusan IPA ke Fakultas MIPA UNY dan 89 siswa jurusan IPS ke Fakultas Ekonomi UNY.

Prof. Dr. Moerdiyanto memaparkan secara ringkas tentang Fakultas Ekonomi UNY. “Di FE UNY,” ujarnya, “ada 4 jurusan dengan 8 program studi. Keempat jurusan itu adalah jurusan Pendidikan Ekonomi, yang membawahi program studi Pendidikan Ekonomi S1 (S.Pd.); jurusan Pendidikan Akuntansi, yang membawahi program studi Pendidikan Akuntansi S1 (S.Pd.), Akuntansi (S.E.), dan Akuntansi D3 (A.Md.); jurusan Pendidikan Administrasi yang membawahi program studi Pend. Adm. Perkantoran (S.Pd.) dan Sekretari D3 (A.Md.); dan jurusan Manajemen yang membawahi program studi Manajemen (S.E.) dan Manajemen Pemasaran D3 (A.Md.)”.

“Di UNY ini, tidak hanya mahasiswa dari kalangan keluarga yang mampu yang bisa berkuliah, tetapi juga mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu tetap bisa berkuliah dengan berbagai beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai pihak. Selain itu, jalur masuk Bidik Misi juga memungkinkan seorang mahasiswa yang berprestasi di sekolah tetapi tidak mampu secara ekonomi untuk berkuliah secara gratis hingga masa akhir studinya. Kelas internasional juga dibuka bagi yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris cukup baik dengan SPP yang tidak berbeda dari mahasiswa lainnya,” demikian jelasnya. (fadhli)