Kunjungan PE FKIP Universitas Pamulang ke FE UNY

Sebanyak lebih dari 200 mahasiswa beserta dosen pembimbing dari Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang (UNPAM), Tangerang, Banten mengunjungi Fakultas Ekonomi (FE) UNY, Rabu (26/7) kemarin. Rombongan ditemui oleh Dekan, Wakil Dekan II, dan Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY serta beberapa perwakilan pengurus Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Ekonomi FE UNY. Selain berbagi tentang kurikulum, kedua belah pihak juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama.

Dalam sambutannya mewakili Universitas Pamulang, Dekan FKIP Dr. Amin K. Elfachmi menyatakan bahwa Universitas Pamulang, terutama Program Studi (prodi) Pendidikan Ekonomi masih harus banyak belajar dari berbagai perguruan tinggi. “Prodi kami baru berdiri pada 2013 lalu, dan kami memandang UNY adalah saudara tua yang tentu memiliki jauh lebih banyak pengalaman. Oleh karena itu, kunjungan ini tentu akan mendatangkan banyak manfaat,” terang Amin.

Sementara Wakil Dekan II Nurhadi, M.M. mewakili FE UNY memberikan apresiasinya atas kinerja Universitas Pamulang di usianya yang masih sangat muda. “Baru berdiri 2000 lalu, manajemen sumber daya manusia dan keuangan di UNPAM sungguh mengagumkan. Meskipun uang SPP terbilang murah, tetapi fasilitas yang diberikan tidak kalah dibandingkan kampus lain yang lebih dulu berdiri dan dengan tarif yang lebih mahal,” ujar Nurhadi.

Nurhadi menambahkan, penting bagi mahasiswa untuk membekali diri dengan keterampilan berwirausaha. “Mahasiswa saat ini harus bisa berpikir bisnis apa yang paling jitu. Selain itu, persoalan-persoalan yang muncul di berbagai bidang juga harus dipecahkan secara cerdas,” lanjut Nurhadi.

Dalam pembahasan kerjasama, kedua pihak sepakat bekerjasama dalam berbagai upaya menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Kami siap membantu berbagi pengalaman dalam penerbitan jurnal maupun penelitian. Di samping itu, kerjasama juga bisa diwujudkan melalui pengiriman tenaga-tenaga ahli dan profesional di antara kedua belah pihak,” terang Dekan FE UNY Dr. Sugiharsono. (fadhli)