Kunjungan MGMP Administrasi Perkantoran Kulonprogo di FE UNY: Kala Guru Menjadi Direktur

Sebanyak 20 orang guru dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Administrasi Perkantoran (AP) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Kulonprogo mengikuti kunjungan dan pelatihan di laboratorium Simulasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi (FE) UNY, kemarin. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan II Nurhadi, M.M., serta Koordinator Lab. Simulasi Perkantoran, Dr. Sutirman, M.Pd.

Ketua rombongan MGMP, Dra. Nurmiyati, mengatakan, kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui lebih lanjut proses pengajaran di FE UNY, terutama dalam bidang Administrasi Perkantoran. “Selain itu, dengan berpraktik di laboratorium simulasi perkantoran, kami harap para guru bisa meningkatkan kompetensinya, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran administrasi perkantoran,” urainya.

Sutirman menerangkan bahwa Jurusan Pend. Administrasi Perkantoran sering mendapat kunjungan dari berbagai sekolah maupun instansi yang ingin mengetahui praktik-praktik perkuliahan administrasi perkantoran. “Fasilitas laboratorium yang dimiliki jurusan sangat mendukung perkuliahan para mahasiswa. Bahkan juga dipakai oleh pihak luar untuk proses sertifikasi keahlian laboran maupun sekedar mengetahui praktik-praktik di laboratorium,” ujar Sutirman.

Para guru lantas mengikuti salah satu praktik yang biasa dijalani di simulasi perkantoran. Setiap guru diberikan peran-peran yang mewakili posisi di sebuah perusahaan. Mulai dari resepsionis, sekretaris, hingga direktur. Para guru tampak antusias menjalani simulasi yang dibimbing salah satu dosen Pend. Administrasi Perkantoran, Yuliansyah, M.Pd. Bahkan, seorang guru yang berperan menjadi direktur dan nampak sibuk dengan ponselnya pun lantas dikomentari para koleganya sebagai “direktur yang sibuk dengan ponselnya”. Sedangkan guru yang berposisi sebagai sekretaris tampak dikerumuni, seolah ikut mengulang materi seputar kearsipan. (fadhli)