Kunjungan FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu ke FE UNY

Fakultas Ekonomi (FE) UNY menerima kunjungan akademik dari mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Rabu (27/05) lalu. Sebanyak lebih dari 50 delegasi tersebut diterima oleh Wakil Dekan III Siswanto, M.Pd., serta didampingi Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY, Daru Wahyuni, M.Si dan beberapa dosen di prodi tersebut. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk lebih mengetahui kegiatan perkuliahan di FE UNY, terutama di Prodi Pendidikan Ekonomi. Selain itu, mahasiswa dari FKIP UMB juga ingin mengetahui kegiatan kemahasiswaan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Prodi Pendidikan Ekonomi.

Siswanto mengharapkan agar kunjungan ini bukan menjadi yang pertama dan terakhir. “Kami harapkan ada keberlanjutan dari hubungan ini. Ambillah apa-apa yang baik dari kunjungan ini, dan tinggalkan apa yang buruk. Begitu pula kami akan mengambil apa yang bermanfaat bagi kami dari kunjungan ini,” terangnya.

Daru Wahyuni menjelaskan, Prodi Pendidikan Ekonomi tidak bernama sebagaimana saat ini. “Awalnya prodi ini bernama Prodi Ekonomi Perusahaan. Lalu berubah menjadi Pendidikan Koperasi sampai dengan tahun 1992. Kemudian sempat menjadi Bidang Keahlian Khusus (BKK) Pendidikan Ekonomi Koperasi di bawah Prodi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Dunia Usaha (PDU) sampai tahun 2000. Setelah berubah lagi menjadi Prodi Pendidikan Ekonomi Koperasi di bawah Jurusan PDU selama 6 tahun, nama prodi ini beralih menjadi Prodi Pendidikan Ekonomi di bawah Jurusan Pendidikan Ekonomi hingga sekarang,” urainya.

Sementara itu, Pandu Baniadi selaku Ketua Hima Pendidikan Ekonomi UNY mengatakan bahwa kegiatan kemahasiswaan terutama Hima di FE UNY sangat didukung oleh dosen dan birokrasi. Bahkan, anggaran pun tersedia baik dari universitas maupun fakultas. “Kami juga rutin menyelenggarakan forum diskusi antara dosen dan mahasiswa, sebagai sarana curhat baik dari mahasiswa ke dosen, ataupun sebaliknya, sehingga imbasnya kegiatan perkuliahan mengalami perbaikan.,” ujarnya. (fadhli)