Kopma UNY Juara II “SOEGONDO DJOJOPOESPITO AWARD” KEMENPORA 2015

Koperasi Mahasiswa atau Kopma UNY meraih juara II dalam ajang Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015 Sabtu (12/12) lalu. Program ini diadakan oleh Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). Setelah melewati seleksi di tingkat wilayah akhirnya Kopma UNY lolos masuk kedalam 20 organisasi pemuda dari seluruh Indonesia untuk lanjut ke tahap presentasi di Jakarta pada hari Jum’at (11/12).

Acara dimulai pada Jum’at (11/12) dan dibuka oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, Dr. Yuni Poerwanti, M.Pd. Yuni mengatakan bahwa program ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2015 lalu. Besar harapannya, tahun depan program ini diadakan lebih awal agar pada saat upacara peringatan Hari Pahlawan, organisasi pemenang dapat menerima penghargaan pada saat upacara tersebut. Adapun 20 organisasi yang telah lolos seleksi merupakan organisasi kepemudaan yang mempunyai latar belakang berbeda-beda. Ada 4 kategori yang dipilih dan mendapatkan penghargaan, yaitu kategori organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaan, organisasi  pelajar, dan organisasi berbasis komunitas. Dalam 20 organisasi tersebut, perwakilan dari UNY tidak hanya Kopma UNY, namun juga UKM Rekayasa Teknologi.

Kopma UNY diwakili oleh Devie Nur Ghaniya (Kabid. Adminhum 2015) dan Zaenal Mustopa (Kabid. Usaha 2015/Mahasiswa Manajemen UNY 2012) berhasil meraih juara II kategori organisasi kemahasiswaan setelah menyampaikan presentasi terkait organisasi Kopma UNY. Dalam presentasi tersebut, disampaikan program unggulan dari Kopma UNY tahun 2015 adalah Pendirian Mini Market/Swalayan di Laboratorium Kewirausahaan UNY. Hal menjadi program unggulan karena dari program tersebut, terdapat banyak keberlanjutan program dan manfaat untuk berbagai pihak, yaitu anggota, karyawan, manajemen, masyarakat umum serta mampu memberdayakan UMKM di wilayah Yogyakarta.

Bahkan program ini sempat mendapat pujian. “Konsep seperti inilah yang dimaksudkan oleh Bung Hatta, bahwa Koperasi menjadi soko guru Perekonomian Indonesia,” cetus salah satu juri.  “Penghargaan ini merupakan kado akhir tahun yang membanggakan sebelum kepengurusan dan kepengawasan Kopma UNY periode 2015 berakhir,” ujar Anggia Zainur Rahmah selaku Ketua Umum Kopma UNY 2015. (zaen)