Kampus Tempat Semai Prestasi

Kuliah kini tidak lagi identik dengan hanya sekedar duduk di kelas dan mendengarkan ceramah. Pintu pengembangan diri terbuka lebar. Berbagai organisasi dan jenis kegiatan tersedia bagi mahasiswa. Pun beasiswa dan berbagai bentuk penghargaan diberikan kepada mereka yang berprestasi. Oleh karena itu, mahasiswa seharusnya memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan minat dan bakat mereka. Ini yang tampak pada sosok Dian, Zahra, dan Tegar, tiga peserta yudisium periode Februari 2018 di Fakultas Ekonomi (FE) UNY.

Dian Wahyuni Rahayu atau Dian yang dinobatkan sebagai peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi pada periode ini dengan raihan 3,81 memilih untuk aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi (Kamasetra) UNY. Lulusan SMA N 1 Purwokerto ini menyukai karawitan yang menjadi salah satu mata pelajaran di saat sekolah dulu.

Sementara itu, Zahra Tiara Rusyda yang akrab disapa Zahra lebih suka memilih berkegiatan dalam organisasi himpunan mahasiswa tingkat jurusan. Selain itu, Zahra yang merupakan anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Handi Purnama dan Fernita Puspasari juga kerap mengikuti lomba-lomba penelitian. Ibunya yang merupakan peneliti di Institut Teknologi Bandung ternyata mewariskan kegemaran meneliti pada anaknya.

Kegemaran ini membuahkan hasil yang cemerlang. Bersama Tegar Galang Anantha, lulusan prodi Akuntansi S1, Zahra mampu meraih sejumlah prestasi tingkat nasional dan internasional. Seperti Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah ACTIVE 2016 di UNS dan Best Category untuk Kategori Akuntansi Keuangan dalam National Accounting Student Conference (NASC) 2016 di Universitas Sanata Dharma.

Tegar sendiri bisa menjadi mahasiswa di UNY berkat prestasinya di bidang penelitian semasa SMA. Melalui jalur SBMPTN Prestasi, lulusan SMA N 1 Temanggung ini diterima di FE UNY dan terus mengembangkan keahliannya di ranah riset. Selain aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa dan Generasi Baru Indonesia (GENBI), Tegar aktif di UKMF Komunitas Riset dan Penalaran (KRISTAL) FE UNY.

Zahra, Tegar, dan Dian adalah contoh bagaimana UNY selalu berusaha mengembangkan apapun minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa sehingga mereka bisa mencapai keinginannya masing-masing. “Semua yg kita impikan akan terealisasi. Kalau percaya sama mimpi kita, pasti bisa,” ucap Zahra. (fadhli)