Jurnal Economia Raih Peringkat 3 Akreditasi Kemenristekdikti

Bersama dengan tujuh jurnal di UNY lainnya, Jurnal Economia yang diterbitkan Fakultas Ekonomi (FE) UNY kemarin mendapatkan sertifikat akreditasi dari Kemenristekdikti. Sesuai dengan penilaian dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Kemenristekdikti, Jurnal Economia termasuk dalam SK yang diterbitkan Kemristekdikti Nomor 21/E/KPT/2018 dan mendapatkan peringkat ke-3. Akreditasi ini berlaku dari Volume 12 Nomor 1 Tahun 2016 sampai dengan Volume 16 Nomor 2 Tahun 2020 mendatang. Jurnal Economia merupakan jurnal yang diterbitkan FE UNY dua kali dalam setahun, yaitu pada April dan Oktober. Jurnal tersebut meliputi Akuntansi, Ekonomi, Bisnis, Kewirausahaan, hingga Pendidikan.

Ketua Divisi Jurnal Economia, Ali Muhson, M.Pd. menyatakan hasil akreditasi ini menggembirakan. “Dengan terakreditasinya Jurnal Economia ini paling tidak akan mampu menggaet lebih banyak penulis sehingga kualitas artikel menjadi semakin baik. Mudah-mudahan dengan hasil ini perhatian dan komitmen lembaga terhadap pengelolaan jurnal ilmiah akan semakin tinggi sehingga diharapkan mampu berimbas pada peningkatan kualitas penerbitan jurnal yang lain,” urainya.

Senada dengan itu, Wakil Dekan I Prof. Sukirno juga menyambut positif pencapaian ini. “(Hasil) ini adalah langkah yang baik. Namun kita masih harus memperbaiki lagi berbagai aspek akademik dan manajerial. Selain itu, kita juga memerlukan keterlibatan penulis, reviewer, dan editor internasional, terutama untuk menaikkan peringkat jurnal ini ke depannya,” terangnya.

Dekan Dr. Sugiharsono yakin akreditasi ini akan menjadi daya tarik bagi para akademisi. “Jurnal ini mengakomodasi karya-karya ilmiah terkait dengan ekonomis bisnis, wirausaha, dan juga pendidikan. Dengan naiknya akreditasi Jurnal Cconomia ini kita berharap, dosen kita, dan juga dosen luar (UNY) banyak yang memasukkan artikel. Ini tentu akan lebih memotivasi para dosen untuk bisa membuat artikel yang berkualitas agar bisa dimuat di Jurnal Economia,” ujarnya.