INOVASI GANTUNGAN KUNCI BERMODEL HEWAN ENDEMIK INDONESIA KARYA MAHASISWA UNY

Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) 2020 UNY dengan anggota Nila Rosita Sari (mahasiswa Fakultas Ekonomi, 2018), Silfani (FMIPA, 2018), Kapabihi (FMIPA, 2017), Adhit Pungkas Sulistyo (FT, 2017), dan Zulkaisi Dwi Pangarso (FMIPA, 2016) di bawah bimbingan Penny Rahmawaty, S.E., M.Si. merancang sebuah inovasi produk gantungan kunci sebagai solusi keamanan kunci yang diberi nama Smart Key Chain Indonesia (SKCI).

SKCI memiliki sisi praktis sebagai sistem keamanan kunci dan sisi estetik sebagai satu-satunya gantungan kunci yang memiliki nilai edukatif bermodel hewan endemik. Keunggulan lain SKCI yaitu multiguna dapat dijadikan gantungan kunci apapun khususnya kunci kendaraan dan efektif karena terkoneksi langsung dengan gawai yang selalu kita bawa.

Sistem kerja SKCI yaitu terintegrasi dengan sistem Bluetooth serta IoT dan akan berbunyi ketika sang pemilik jauh dari kuncinya. Nantinya, pemilik juga akan mendapatkan notifikasi sebagai tanda bahwa barang atau kunci kendaraan tertinggal. Sehingga dengan SKCI semua kunci menjadi aman dan kita tidak perlu khawatir lagi mengalami ketertinggalan dan kehilangan kunci. SKCI? Solusi keamanan kunci, menjaga kunci nyamankan hati.